nusabali

Blanko e-KTP Tersedia Bulan Ini

  • www.nusabali.com-blanko-e-ktp-tersedia-bulan-ini

Berdasarkan data terakhir warga yang sudah melakukan perekaman dan siap dicetak sebanyak 31.456 orang.

Tapi Hanya Tersedia 2.500 Keping

MANGUPURA, NusaBali
Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Badung. Setelah sekian lama pencetakan KTP elektronik (e-KTP) terganggu karena stok blanko habis, akhirnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mendapat kabar dari Pusat bahwa  blanko e-KTP akan tersedia pada 20 April 2017.  

“Iya kabarnya seperti itu, blanko e-KTP sudah ada bulan ini,” kata Kepala Disdukcapil Badung I Nyoman Soka saat dikonfirmasi, Kamis (6/4) kemarin. “Mudah-mudahan dengan tersedianya blanko ini, kami bisa mencetak e-KTP. Karena sejak blanko habis bulan Oktober 2016, sampai sekarang kami tidak bisa mencetak e-KTP. Sehingga terpaksa memberi masyarakat surat keterangan,” kata Soka.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, terhitung dari bulan Oktober 2016 hingga Maret 2017, jumlah total surat keterangan yang sudah dikeluarkan Disdukcapil Badung sebanyak 28.736, dengan rincian 20.967 sejak bulan Oktober-Desember 2016, dan 7.769 surat keterangan sejak Januari-Maret 2017.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung, Putu Suryawati, juga mengakui sudah mendapat informasi bahwa blanko e-KTP akan tersedia pada bulan ini, tepatnya mulai 20 April 2017.

Namun, kata dia, jumlah ketersediaan blanko e-KTP hanya sekitar 2.500 keping saja. “Tapi jumlahnya yang akan tersedia masih jauh dari jumlah warga yang sudah melakukan perekaman,” ungkap Suryawati. Berdasarkan data terakhir warga yang sudah melakukan perekaman dan siap dicetak sebanyak 31.456 orang.

Disinggung mengenai mengapa hanya sedikit blanko yang akan tersedia, Suryawati mengatakan bahwa hal tersebut merupakan ketentuan Pemerintah Pusat. Lalu bagaimana dengan warga yang sudah melakukan perekaman? “Kami akan usulkan lagi agar yang sudah melakukan perekaman segera mendapat e-KTP,” ujarnya. * asa

Komentar