nusabali

Perkenalkan Hino Bus Euro4, Hino Gelar Road Test

  • www.nusabali.com-perkenalkan-hino-bus-euro4-hino-gelar-road-test
  • www.nusabali.com-perkenalkan-hino-bus-euro4-hino-gelar-road-test

DENPASAR, NusaBali.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dengan PT Cahaya Surya Bali Indah (CSBI) selaku dealer resmi Hino untuk wilayah Bali dan PT Indomobil Cahaya Prima (ICP) selaku dealer resmi Hino untuk area Nusa Tenggara, menggelar gathering dan road test Hino bus yang telah menggunakan mesin standar Euro4, pada Sabtu (16/7/2022).

Acara road test dengan tiga tipe bus, yakni RM280 ABS, RK280, dan GB150 AT ini diselenggarakan untuk para pelanggan agar bisa merasakan secara langsung spesifikasi dan fitur baru pada Hino Bus Euro4. Event ini mengundang 40 pengusaha otobus yang bergerak di bidang transportasi dan pariwisata di daerah Bali dan Lombok. 

Memulai keberangkatan dari dealer Hino Bali yang berada di kawasan Jalan Cokroaminoto Denpasar, rombongan road test menuju Jalan Sunset Road, lanjut melewati Jalan Tol Bali Mandara, menuju ke arah GWK, Pecatu, dan Jimbaran. Setelah itu kembali ke Denpasar melewati rute yang sama. Rute sejauh 55 Km yang dipilih merupakan kombinasi jalan menajak, menurun, jalan lurus, dan tol, untuk merasakan secara langsung keamanan, kenyamanan, dan keandalan Hino Bus Euro4.

Road test ini juga dilakukan untuk mengenalkan fitur atau pengembangan terbaru dari Hino Bus Euro4. Hino turut menghadirkan line up terbarunya dengan pilihan yang lebih lengkap. Untuk yang terbaru ada RM280 ABS/Non ABS yang memiiliki keunggulan utama menggunakan wide air suspension yang meningkatkan stabilitas kendaraan untuk kenyamanan penumpang dan sasis space frame untuk desain bagasi yang tembus dengan kapasitas volume ±9.000 liter sehingga ruang bagasi penumpang bisa lebih banyak. 

Selain itu semua line up Bus Hino besar turut menggunakan 10 baut roda sistem ISO sehingga roda lebih kuat dalam menahan beban kendaraan serta lebih mudah dalam perawatan.

COO-Director HMSI, Santiko Wardoyo, mengatakan Hino Bus GB150 AT sangat sesuai dengan bisnis pariwisata di Bali dan juga transportasi dengan kondisi Stop and Go. "Dengan tempat duduk yang nyaman dan luas serta bagasi yang besar memberikan nilai lebih dan kenyamanan tersendiri bagi penumpang yang duduk di dalamnya, sehingga perjalanan semakin menyenangkan," ujarnya. 

Semua Hino Bus Euro4 juga telah dilengkapi dengan fitur Hino Connect. Sebagai bentuk Total Support kepada pelanggan setia, agar senantiasa bisnis konsumen berjalan dengan maksimal dan baik. Hal ini didasari oleh keuntungan yang Hino Connect berikan kepada pelanggan seperti mempermudah manajemen operasional, karena fitur di dalam Hino Connect terdapat route analyze dan geo fence yang dapat menentukan area operasional dan analisis rute armada. Hino Connect juga memiliki informasi fuel consumption untuk mengevaluasi operasional kendaraan sehingga bisnis pelanggan lebih efisien dan efektif.

Dengan berbagai pengembangan Hino Bus Euro4 semakin menambah keuntungan bagi para pengusaha bus. Karena Hino Bus sudah terbukti sangat efisien dan ekonomis dalam perawatan, serta suku cadang yang mudah didapat. Sehingga bisnis menjadi sangat menguntungkan.

“Kami memiliki varian bus yang lengkap. Untuk itu Hino Bus ini sangat cocok digunakan untuk pariwisata maupun transportasi dalam kota dan antarkota, bahkan untuk jalur tol jarak jauh sekalipun seperti trans Jawa maupun trans Sumatera. Ini dibuktikan dengan Hino Bus terus menjadi market leader di mana Hino menguasai pasar hingga 54 persen,” tutur Santiko.

Pada bus Euro4, Hino turut mengembangkan piston engine dengan material terbaru, yaitu Ferrum Casting Ductile (FCD) dengan tetap mempertahankan keunggulan oil gallery yang digunakan untuk piston engine J08E Euro4. Piston FCD dan oil gallery tersebut mempunyai ekspansi termal yang lebih kecil sehingga cocok digunakan pada angkutan jarak jauh non stop. Selain itu pada Hino Bus kini terdapat juga overheat control system (OCS) untuk mencegah adanya engine blow karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin. 

Untuk pengereman, kini Hino Bus juga memiliki Auto Slack Adjuster, yaitu perangkat mekanis yang dirancang untuk mempertahankan jarak standar antara kampas rem dan tromol sehingga pengemudi tidak akan menginjak pedal rem terlalu dalam dan tidak perlu mengatur lagi secara manual. 

Selain RM 280 ABS/Non ABS, Hino turut memiliki Hino Bus RK280 ABS/Non ABS yang merupakan model terlaris dan andalan para pengusaha PO saat ini karena sudah teruji ketangguhannya untuk jarak jauh sekalipun dan Hino Bus AK240 yang bermesin depan.

Tidak hanya bus besar, di kelas bus medium. Hino turut memiliki produk terbaru di Euro4, yaitu Hino Bus GB150 yang memiliki pilihan transmisi manual dan automatic, tenaga dan torsi yang besar, variasi wheel base, FOH/ROH lebih panjang serta menggunakan ban radial tubeless, sehingga sangat sesuai untuk transportasi dalam kota. *cr78

Komentar