nusabali

Shalat Idul Adha Digelar di Hari Minggu

  • www.nusabali.com-shalat-idul-adha-digelar-di-hari-minggu

BANGLI, NusaBali - Shalat Idul Adha di Masjid Agung Bangli digelar pada Minggu (10/7) sekitar pukul 07.00 Wita.

Shalat digelar usai pemotongan hewan kurban. Ketua Ta'mir Masjid Agung Bangli, H Ghufron Fathoni mengatakan pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Agung Bangli mengacu keputusan Kementerian Agama. Sesuai hasil sidang Isbat tanggal 30 Juni 2022, pemerintah menetapkan 1 Dzulhijjah pada tanggal 1 Juli 2022. Artinya perayaan Idul Adha pada 10 Dzulhijjah dilaksanakan tanggal 10 Juli 2022. 

“Kami melaksanakan shalat Idul Adha mulai pukul 07.00 Wita. Setelah shalat, lanjut sembelih hewan kurban,” ungkap Ghufron Fathoni, Jumat (8/7). Menurutnya, pelaksanaan shalat Idul Adha tidak ada pembatasan. Kapasitas Masjid Agung Bangli 1.000 orang. Meski tidak ada pembatasan, tetap mengimbau jamaah menerapkan protokol kesehatan, minimal pakai masker. Masjid Agung Bangli bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Bali melaksanakan vaksin booster.

Vaksinasi dimulai pukul 08.00 Wita hingga 12.00 Wita. “Kami bersama BIN memfasilitasi vaksinasi booster. Mungkin ada jamaah dari jauh belum divaksin,” ujar Ghufron Fathoni. Sementara untuk hewan kurban, ada 27 ekor, di antaranya 10 ekor sapi dan 17 ekor kambing, masih ada kemungkinan bertambah. Penerima hewan kurban sebanyak 741 KK yang tersebar di Kecamatan Bangli, Kecamatan Susut, dan Kecamatan Tembuku. Hewan kurban mendapat pemeriksaan dari Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli. “Hewan kurban diperiksa sebelum dipotong dan setelah dipotong. Pemeriksaan untuk memastikan daging layak tidak dikonsumsi,” jelas Ghufron Fathoni. 7 esa

Komentar