nusabali

HPPNP Gelar Lomba Layang-layang di Bukit Teletubies

  • www.nusabali.com-hppnp-gelar-lomba-layang-layang-di-bukit-teletubies

SEMARAPURA, NusaBali
Himpunan Penggiat Pariwisata Nusa Penida (HPPNP), bersama Dinas Pariwisata Klungkung, menggelar Lomba Layang-layang "Nusa Penida Kite Festival", di Bukit Teletubis, Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Kamis (7/7) pagi. Bukit ini luas 36 hektare.

Ketua HPPNP I Putu Sukawidana, didampingi Dewan Pembina, Pande Bagus Gede Sesana, mengatakan lomba ini diikutu 36 sekaa layang-layang dengan 86 layangan. Ada 6 kategori lomba yakni, bebean remaja, celepuk, kuir, pecukan, bebean ukuran besar dan layangan jangan. Selain untuk menggairahkan pariwisata, lomba ini juga untuk memberikan ruang para penghobi layang-layang. "Peserta terbuka untuk umum," ujar Sukawidana.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung AA Putra Wedana mengatakan lomba ini sebagai upaya membangkitkan kembali pariwisata Nusa Penida. "Setelah pariwisata dibuka secara otomatis kami langsung tancap gas untuk membangkitkan lagi pariwisata Nusa Penida seperti tahun 2019," kata Agung Wedana.

Lomba layang-layang ini, kata dia, juga sebagai peran serta dari pemerintah daerah dengan pendanaann. "Selain lomba layang-layang, kami juga mendukung lomba surfing di Desa Lembongan, Nusa Penida, dan dalam waktu dekat Nusa Penida Festival juga akan kembali digelar," kata Agung Wedana. Bendesa Adat Sekartaji I Komang Kertayasa mengatakan Bukit Teletubies dengan lahan seluas 36 hektare ini selama ini sudah menjadi salah satu tujian wisata. "Mudah-mudahan penataan dilakukan disini, sehingga desa adat ikut kena imbasnya," ujar Kertayasa. *wan

Komentar