nusabali

Perbekel Duda Timur Bagikan Bantuan Traktor dan Bibit Padi

  • www.nusabali.com-perbekel-duda-timur-bagikan-bantuan-traktor-dan-bibit-padi

AMLAPURA, NusaBali
Perbekel Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem I Gede Pawana menyerahkan bantuan 3 unit traktor, 16 alat semprot, 3,5 ton pupuk, dan 850 kilogram bibit kepada dua subak di kantor Desa Duda Timur, Rabu (6/7).

Bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), bibit padi, dan pupuk bersumber dari dana desa. Penerima bantuan yakni Subak Pongpongan dan Subak Pesangkan.

Perbekel Gede Pawana mengungkapkan, hanya menyalurkan bantuan tiga unit traktor karena subak lainnya di Desa Duda Timur sudah punya traktor. Sebanyak 850 kilogram bibit padi Inpari 32 yang diserahkan untuk kebutuhan lahan 32 hektare. “Pada musim tanam tahun 2022 ini, petani tidak lagi mengeluarkan biaya untuk beli bibit, pupuk, dan alat semprot,” ungkap Gede Pawana. Bantuan traktor diterima Pekaseh Subak Pongpongan I Nyoman Alit didampingi Kelian Tempek Lemangke I Nengah Sudarma dan Kelian Tempek Lemangke II Wayan Berata.

Bantuan traktor untuk Subak Pesangkan diterima Pekaseh Ida Bagus Ngurah didampingi Kelian Tempek Kelaci I Nengah Dana, Kelian Tempek Kelaci II Wayan Sudana, dan Kelian Tempek Umasema I Gede Ardana. Gede Pawana mengingatkan krama subak agar memelihara traktor agar lama bisa digunakan. Sebelumnya krama subak mengandalkan tenaga sapi untuk membajak sawah. Dalam pembagian air, krama subak diminta tertib dan dilarang rebutan air.

Pekaseh Subak Pongpongan I Nyoman Alit dan Pekaseh Subak Pesangkan Ida Bagus Ngurah mengapresiasi program kerja Pemerintah Desa Duda Timur yang peduli dan berpihak kepada petani. “Kebutuhan petani berupa traktor, alat semprot, bibit padi, dan pupuk. Kami merasa sangat terbantu dengan bantuan alsintan ini,” jelas Nyoman Alit. *k16

Komentar