nusabali

Usaba Dalem Desa Bungaya Kurbankan 22 Godel

  • www.nusabali.com-usaba-dalem-desa-bungaya-kurbankan-22-godel

Hari ketiga atau puncak usaba di Pura Dalem Desa Pakraman Bungaya, Kecamatan Bebandem, Karangasem pada Sukra Kliwon Sungsang, Jumat (31/3) diisi dengan menghaturkan kurban berupa 10 godel (anak sapi).

AMLAPURA, NusaBali

Prosesi upacara kurban dipuput We Salah Bau dan We Manten Bau. Prosesi upacara dikomandani Bendesa Pakraman Bungaya De Salah Sukata. Selama usaba berlangsung telah kurbankan 22 godel.

Pada usaba hari ketiga, kemarin, 10 godel itu berasal dari punia krama yang bayar kaul sebanyak 9 ekor, dan seekor godel lagi milik Desa Pakraman Bungaya. Prosesi persembahan kurban berlangsung sejak pukul 07.00 Wita. Usaba di Pura Dalem di hari pertama pada Saniscara Wage Julungwangi, Sabtu (25/3) persembahkan seekor godel hitam. Hari kedua bertepatan Nyepi, Anggara Paing Sungsang, Selasa (28/3) kurbankan 11 godel. Sedangkan usaba hari ketiga hari Sukra Kliwon Sungsang dengan 10 kurban godel.

Prosesi Usaba Dalem hari ketiga diawali mempersiapkan banten dandanan di Pura Puseh Desa Pakraman Bungaya dikoordinasikan Pangrajeg Karya Usaba Dangsil I Gede Krisna Adi Widana. Setelah tuntas, kemasan banten dandanan itu dibawa pangayah ke Pura Dalem. Prosesi selanjutnya di Pura Dalem menyembelih 10 kurban godel. Sebelum disembelih We Salah Bau dan We Manten Bau menghias godel dengan kain putih.

Sebelum dikurbankan, godel-godel ini diperciki tirta dan dikelilingkan tiga kali di sajebag palinggih Pura Dalem. Setelah itu baru disembelih oleh We Salah Bau dan We Manten Bau. Darah godel diambil untuk pelengkap banten caru dan dagingnya diolah. Khusus untuk 10 kepala godel ditandai dengan tanda tambah putih, dijejer rapi dipersembahkan ke Palinggih Tunda. * k16

Komentar