nusabali

Festival Desa Belumbang Kenalkan Potensi Lokal

  • www.nusabali.com-festival-desa-belumbang-kenalkan-potensi-lokal

TABANAN, NusaBali
Guna mengangkat potensi desa, Desa Belumbang di Kecamatan Kerambitan yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata sejak awal 2022, menggelar festival  'Briag Briug Desa Wisata Belumbang'.

Dalam festival yang digelar 1-3 Juli 2022 ini bukan hanya ditampilkan kesenian tradisional Gambelan Selonding, namun juga dihibur artis Bali seperti Nanoe Biru dan Keroncong Jancuk.  

“Potensi desa yang akan ditampilkan mulai dari kuliner, hiburan, hingga budaya. Khusus di kuliner akan banyak ditampilkan loloh yang memiliki khasiat pengobatan," jelas Perbekel Belumbang I Ketut Dyana Putra.

Khusus di wisata, Desa Belumbang banyak memiliki beragam pilihan wisata antara lain, Wisata Bike Track, Tubing, Rafting, Camping Spot dengan menyuguhkan panorama alam khas Desa Belumbang.

"Saat ini kami baru sebatas mempromosikan, belum bisa garap semua potensi wisata yang kami miliki. Tentunya ini akan bertahan, bahkan jika pelaksanaan festival kali ini sukses, akan menjadi agenda rutin ke depannya,” terang Dyana.

Sementara mengenai dengan gambelan Selonding yang akan dipentaskan bukan gambelan Selonding yang sakral, melainkan akan ditampilkan untuk hiburan sebagai wisata budaya. "Biasanya Selonding ditampilkan untuk upacara, tetapi sekarang bukan yang ditampilkan secara sakral," tandasnya.

Terpisah Camat Kerambitan, I Putu Adi Supraja mengatakan, sejatinya potensi pariwisata di tiap-tiap desa khususnya di Kecamatan Kerambitan sangat beragam. Selain wisata alam, berbagai atraksi budaya maupun kuliner khas serta aneka produk inovatif juga bisa dijadikan daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

“Tentunya kami di pemerintahan desa sangat mendukung desa-desa yang sudah terus membuat terobosan inovatif untuk pengembangan usaha pariwisatanya dengan berbekal kearifan lokal yang dimiliki, karena ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Termasuk juga ke depan bisa membantu mengurangi angka pengangguran dan memacu pertumbuhan ekonomi desa,”terangnya. *des

Komentar