nusabali

Bertambah Maskapai Datang ke Bali

  • www.nusabali.com-bertambah-maskapai-datang-ke-bali

Batik Air buka rute Brisbane-Denpasar, Juli maskapai asal Philipina dan Korsel menyusul

DENPASAR,NusaBali

Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjokorda Bagus Pemayun optimistis normalisasi pariwisata Bali akan semakin cepat. Optimisme tersebut menyusul makin bertambah jumlah maskapai internasional yang terbang langsung ke Bali.

Dihubungi usai menyambut kedatangan perdana Batik Air ‘pasca’ pandemi, Minggu (19/6) siang, Tjok Bagus Pemayun mengatakan hingga saat ini  sebanyak 21 maskapai yang tercatat melayani penerbangan langsung ke Bali.

“Nanti akan ada menyusul maskapai-maskapai lain,” kata Tjok Bagus Pemayun. Khusus Batik Air rencananya terbang 4  kali sepekan. Kedatangan perdana kemarin, mengangkut sebanyak 152 penumpang (WNA).

Dengan tambahan penerbangan Batik Air  rute Brisbane – Denpasar kata Tjok Pemayun,  menambah layanan maskapai untuk pasar wisman Australia ke Bali dari  sebelumnya 4 maskapai  menjadi 5 maskapai.

Adapun maskapai  yang sudah beroperasi melayani penerbangan  dari Australia –Bali, antara lain  Garuda, Jet Star, Quantas  dan Virgin. Penambahan penerbangan maskapai dari  Bali-Australia dan sebaliknya,  akan menambah  potensi kedatangan wisman dari negeri Kangguru itu ke Bali.

“Tentunya semakin banyak kita harapkan, seiring membaiknya kondisi (pandemi),” ucapnya. Selain Batik Air, maskapai internasional dari Philipina dan Korea (Korsel) juga rencananya akan menyusul datang ke Bali. Maskapai dari Philipina  dijadwalkan tiba pada awal Juli dan dari Korea, pada pertengahan Juli.

“Karena itulah kita optimis pariwisata Bali akan terus dan terus membaik. Mudah-mudahan” ujar birokrat asal Gianyar  yang sebelumnya menduduki Kepala Biro Perekonomian Pemprov Bali.

Apalagi  ke depan akan banyak digelar event- event di Bali. Salah satunya KTT G20. Event-event  tersebut, kata Tjok Bagus Pemayun tentu akan meningkatkan kunjungan wisman ke Bali.

Dengan 21 maskapai internasional yang terbang langsung, Bali terhubung dengan 18 kota di dunia dan 11 negara. Adapun negara- negara tersebut Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, Philipina, Turki, Jepang, Qatar, UEA, Australia dan Timor Leste. Sedangkan kota-kota yang terhubung adalah Singapura,Bangkok, Ho Chi Min City,Kuala Lumpur, Manila,Tokyo, Doha, Dubai, Merlboune, Darwin, Brisbane, Perth, Cairns, Adelaide, Sydne dan Dilli.

Sementara  kedatangan wisman belakangan ini  rata-rata  mencapai 5.000-an  orang per hari. Dengan trend yang terus menanjak  dalam 6 bulan ke depan 10 ribu wisman tercapai, sehingga kepariwisataan Bali semakin pulih. “ Mudah-mudahan, agar pariwisata semakin membaik,”  kata Tjok Bagus Pemayun. *K17

Komentar