nusabali

Distan Denpasar Siapkan 23.000 VAR

  • www.nusabali.com-distan-denpasar-siapkan-23000-var

Sebanyak 23.000 vaksin anti rabies (VAR) akan didistribusikan ke 43 desa/kelurahan se–Kota Denpasar. Per 10 Mei 2022, sebanyak 3.488 HPR telah divaksinasi.

DENPASAR, NusaBali

Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar akan kembali gencarkan vaksinasi rabies bagi hewan penular rabies (HPR). Untuk menyasar 43 desa/kelurahan, Distan menyiapkan sebanyak 23.000 vaksin anti rabies (VAR) yang akan disuntikkan secara door to door alias jemput bola mulai Selasa (10/5).

Kabid Kesehatan Hewan Distan Kota Denpasar I Made Ngurah Sugiri, Kamis (12/5), menjelaskan vaksinasi HPR ini dilaksanakan dengan harapan dapat mendukung terciptanya kesehatan hewan berkelanjutan. “Vaksinasi rabies ini dilaksanakan untuk memastikan kesehatan HPR dan bebas rabies  di Kota Denpasar,” ujarnya.

Dijelaskannya kali ini pelayanan vaksinasi rabies bagi HPR seperti anjing, kucing, dan kera/monyet dilaksanakan hingga 31 Mei 2022 mendatang. Sebanyak 8 orang diterjunkan untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi ini.

“Jadi kami khususkan bagi HPR yang pemiliknya adalah masyarakat Kota Denpasar. Bagi yang ingin memanfatkan layanan vaksinasi rabies gratis dapat menghubungi Bidang Kesehatan Hewan Distan Kota Denpasar, atau dapat melihat jadwal di masing-masing desa/kelurahan,” ujar Sugiri.

Sugiri menambahkan bahwa hal ini merupakan langkah berkelanjutan untuk mencegah penyebaran virus rabies di Kota Denpasar. Menurutnya, sebanyak 23.000 dosis VAR yang disiapkan untuk HPR yang pemiliknya merupakan warga Kota Denpasar. Per 10 Mei 2022 kemarin, sebanyak 3.488 HPR telah divaksinasi. “Kami siagakan sekitar 23.000 dosis vaksin anti rabies bagi HPR. Program ini dilaksanakan secara gratis setiap hari untuk warga ber-KTP Denpasar,” ucap Sugiri.

Sugiri juga mengajak masyarakat untuk ikut andil mencegah penularan rabies. Hal ini dapat dilaksanakan dengan cara sederhana, yakni untuk tidak melepasliarkan hewan peliharaan yang tergolong HPR. “Mari bersama kita cegah penularan rabies,” kata Sugiri. *mis

Komentar