nusabali

Cegah Antrean Pemudik, Kapolda Cek Langsung ke Gilimanuk

21 Pos Pengamanan dan 15 Pos Pelayanan Se-Bali Disiagakan

  • www.nusabali.com-cegah-antrean-pemudik-kapolda-cek-langsung-ke-gilimanuk

NEGARA, NusaBali
Hingga memasuki H-5 Lebaran, Rabu (27/4) situasi arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, masih terpantau cukup lancar.

Namun untuk antisipasi, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra meminta agar jajarannya bersama petugas terkait tetap siaga dalam menghadapi masa puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi per Kamis (28/4) hari ini. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga diagendakan lakukan peninjauan pengamanan arus mudik di Gilimanuk, Kamis (27/4) hari ini.

Kapolda Irjen Pol Putu Jayan di sela pemantauan ke Pelabuhan Gilimanuk, Rabu kemarin pukul 13.00 Wita mengatakan sudah dilakukan berbagai persiapan pengamanan dalam menghadapi arus mudik tahun ini. Di wilayah Kabupaten Jembrana, telah disiapkan 5 titik Pos Pelayanan yang juga sekaligus menjadi kantong parkir untuk mengatur ketika terjadi lonjakan kendaraan. "Tetapi sampai saat ini, 5 pos yang kita siapkan belum semua digunakan. Karena situasinya masih bisa diatasi melalui pelayanan di Gilimanuk," ujarnya.

Sesuai data selama 24 jam per Selasa (27/4) pagi hingga Rabu pagi sebanyak 26.000 penumpang yang menyeberang keluar Bali dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang. Jumlah itu pun meningkat dibanding hari-hari biasa yang hanya sekitar 8.000-9.000 penumpang per hari. Namun situasi tersebut masih bisa ditangani di Gilimanuk. "Masih bisa kita layani dengan baik," ucap Irjen Putu Jayan.

Meski masih bisa tertangani dengan baik di Gilimanuk, Irjen Putu Jayan mengatakan dari jajaran Polri, TNI, bersama unsur-unsur terkait lainnya, sudah mempersiapkan antisipasi ataupun skenario-skenario ketika terjadi lonjakan penumpang dengan jumlah yang banyak. Secara umum di wilayah Bali juga telah digelar sebanyak 21 Pos Pengamanan dan 15 Pos Pelayanan. Seluruh pos itu harus siap siaga dan saling koordinasi agar tidak sampai terjadi penumpukan di wilayah Jembrana, khususnya Gilimanuk.

"Ada 21 Pos Pengamanan dan 15 Pos Pelayanan yang tersebar di seluruh Bali. Itulah yang bisa kita komunikasikan andaikata ada hal-hal yang perlu keterpaduan. Misalnya di sini (Jembrana) penuh, di sana (dari Denpasar ataupun wilayah sebelum masuk Jembrana) harus diatur. Itu bisa kita komunikasikan ke pos-pos yang ada di sepanjang jalan," ucap inspektur jenderal lulusan Akpol 1989 ini.

Irjen Putu Jayan mengatakan selain untuk kantong parkir ataupun tempat istirahat, di tiap Pos Pelayanan yang disebar di sejumlah titik di Bali itu menyediakan layanan vaksiansi ataupun layanan menyangkut kelengkapan syarat pelaku perjalanan. Sama seperti di Pos Pelayanan yang ada di Jembrana. "Setiap pos pelayanan ada vaksiansi, ada tempat beristirahat, ada unsur terkait lainnya. Ketika dibutuhkan komunikasi dengan petugas kesehatan, itu kita siapkan," ucap Irjen Putu Jayan.

Untuk diketahui, Kapolda Irjen Putu Jayan bersama rombongan melakukan perjalanan lewat jalur darat dari Denpasar tiba di Gilimanuk, Selasa siang kemarin.

Kehadiran Kapolda disambut langsung Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna. Selain ke Pelabuhan Gilimanuk, Kapolda Irjen Pol Putu Jayan juga sempat memantau Pos Pelayanan di Terminal Kargo Gilimanuk.

Di samping itu, Kapolda Irjen Putu Jayan bersama rombongan juga sempat melakukan pengecekan ke Lapangan Umum Gilimanuk yang dipersiapkan sebagai tempat helipad (landasan untuk helikopter) terkait agenda Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang juga berencana melakukan peninjauan pengamanan arus mudik di Gilimanuk, Kamis (27/4) hari ini. *ode

Komentar