nusabali

Aktivis Lingkungan Solo Ride Bali-Jakarta

Komitmen Bersih Sampah Plastik, Bupati Tamba Titipkan Botol Plastik

  • www.nusabali.com-aktivis-lingkungan-solo-ride-bali-jakarta

NEGARA, NusaBali
Aktivis lingkungan hidup  Yudhy Ervin Tiara yang melakukan solo ride dari Jimbaran, Kabupaten Badung, menuju Jakarta, memanfaatkan perjalanannya mengkampanyekan bahaya timbulan sampah plastik.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (8/4) sore.  Setelah dilepas dari Jimbaran Hub oleh Ketua IMI Bali Gede Ngurah Anom (Ajik Krisna), motor Royal Enfield Himalaya yang ditunggangi Yudhy langsung mengarah ke Pelabuhan Gilimanuk. Namun sebelum menyeberangi Selat Bali, founder Yayasan Berani Jaga Bumi ini menyempatkan mampir bertemu Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Ternyata Bupati Tamba menyambut antusias kehadiran Yudhy. Pasalnya Yudhi bertolak ke Jakarta untuk menukarkan botol-botol plastik yang dibawanya dengan poin e-Money di event  International Indonesia Motor Show 2022 (IIMS 2022) di JI-EXPO Kemayoran, Jakarta. Tujuannya, tentu saja sebagai pesan soal bahaya sampah plastik.

Bahkan Bupati Tamba ikut menitipkan dua botol plastik untuk dibawa Yudhy ke Jakarta. “Saya menyerahkan sampah plastik kepada beliau sebagai bukti

bahwa Pemerintah Kabupaten Jembrana punya komitmen bersih dari sampah plastik,” kata Bupati Tamba. Bupati yang pada Hari Air Sedunia pada Jumat (1/4) turun langsung turut aksi membersihkan sampah plastik  yang mencemari wilayah pantai di Jembrana itu pun meminta Yudhy memberi arahan bagaimana meminimize dan mengedukasi soal bahaya sampah plastik

“Sampah plastik mengancam pariwisata dan dunia. Kami Pemda Jembrana siap menerima arahan dan bantuannya,” pinta Bupati Tamba.  Setelah itu Bupati Tamba pun memasukkan dua botol plastik di bagasi motor Yudhy.

Yudhy melakukan aksi solo ride menempuh jarak 1.179,4 km, sebagai bagian dari kontribusi sosial mengkampanyekan konsep eco green yang bisa dimulai dari lingkup terkecil yaitu diri sendiri dan rumah tangga masing-masing.

"Kita bisa mulai menerapkan gaya hidup minim sampah, memilah sampah dari rumah, serta menukarkan sampah botol plastik melalui fasilitas yang kami sediakan sehingga bisa menghasilkan uang," tutur Yudhy.

Sebelumnya dalam pelepasan perjalanan dari Jimbaran Hub, turut hadir Pembina Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali, Jos Darmawan; dan Pengelola Jimbaran Hub, Augyawati Joe; serta Lenny Hartono, desainer busana daur ulang yang juga founder Stars Model Look.  Tak ketinggalan perwakilan dari komunitas Royal Riders Indonesia (RORI).

"Kami mendorong langkah dan aksi nyata upaya penyelamatan lingkungan yang dilakukan Berani Jaga Bumi untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah botol plastik karena nantinya bisa ditukar dengan sejumlah saldo di e-Money," kata Lenny Hartono.

Gerakan kampanye daur ulang sampah plastik ini dicanangkan platform digital PT Plasticpay Teknologi Daurulang bersama Yayasan Berani Jaga Bumi. Kolaborasi ini berupaya melakukan diseminasi informasi serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan mesin penukaran sampah botol plastik menjadi poin secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM) di tempat-tempat umum seperti mall dan minimarket.

Sampah plastik yang terkumpul akan ditukarkan menjadi Plasticpay Poin melalui aplikasi Plasticpay, yang nantinya dapat dikonversikan menjadi uang elektronik seperti DANA, OVO, GoPay, LinkAja, dan INACASH. kemudian Plasticpay akan mendaur ulang lalu mengubahnya menjadi butiran, Recycled Polyester Staple Fiber (Re-PSF), benang dan kain.

Hasilnya adalah Eco-friendly fiber dan kain daur ulang yang memenuhi semua standar kualitas tinggi yang dapat digunakan untuk bantal, boneka, tempat tidur, karpet, furniture, interior otomotif dan produk non-woven/woven.

Sebagaimana diketahui, IIMS 2022 yang mengangkat tema ‘Go Green’, menyediakan mesin penukaran botol plastik menjadi saldo poin e-Money. *mao

Komentar