nusabali

Bus Sekolah di Denpasar Kembali Beroperasi, Sehari Layani 378 Siswa

  • www.nusabali.com-bus-sekolah-di-denpasar-kembali-beroperasi-sehari-layani-378-siswa

DENPASAR, NusaBali
Bus sekolah kembali beroperasi setelah pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Denpasar kembali diberlakukan per 1 April 2022.

Bus sekolah beroperasi mulai Senin (4/4), dan sudah mengangkut sedikitnya 378 siswa per hari.  Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar I Ketut Sriawan didampingi Kasubag TU UPT Transportasi Darat Dishub Kota Denpasar Wayan Ardiartha, mengatakan pengoperasian bus sekolah saat PTM ini dilakukan dalam dua shift. Shift pertama pukul 05.00 – 13.00 Wita, dan shift kedua pukul 13.00 – 17.00 Wita.

“Dalam pengoperasian bus sekolah ini kami ada 40 personel yang melayani dua shift ini. Namun pelayanannya tidak full, tergantung kepulangan siswa juga, karena ada beberapa yang pulangnya pukul 10.00 Wita, karena masih PTM terbatas,” ucap Ardiartha.

Ardiarta mengatakan selama 3 hari beroperasi, siswa sangat antusias naik bus sekolah. Dalam sehari pihaknya melayani sebanyak 378 siswa. Jumlah siswa ini berasal dari 17 sekolah yakni 10 SMP dan 7 SD.

Namun karena keterbatasan armada, pihaknya baru bisa melayani tiga kecamatan saja. Ketiganya yakni Denpasar Barat bagian utara, Denpasar Utara, dan Denpasar Timur. Sementara untuk Denpasar Selatan sama sekali belum tersentuh layanan bus sekolah. Untuk melayani siswa ini pihaknya mengoperasikan sebanyak 13 bus dan 1 bus digunakan sebagai cadangan.

Pihaknya mengoperasikan 10 kecil dengan kapasitas 20 - 25 orang, namun karena masih pandemi kapasitasnya hanya 70 persen. Selain itu, juga dioperasikan 3 bus ukuran sedang dengan kapasitas normal sebanyak 30-35 penumpang, namun karena pandemi maksimal mengangkut sebanyak 20 penumpang atau siswa.

Untuk rute bus, masih sama dengan rute sebelum pandemi. Namun ada beberapa penyesuaian terkait waktu yang mengikuti kedatangan dan kepulangan siswa. *mis

Komentar