nusabali

DR Lodra Pimpin Poltek BMW Internasional

Dibantu 4 Wadir dan 20 Pejabat Setingkat Kanit

  • www.nusabali.com-dr-lodra-pimpin-poltek-bmw-internasional

GIANYAR, NusaBali
Yayasan Werdhi Sila Kumara di Banjar Adat Silakarang, Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati, Gianyar, ‘tancap gas’.

Setelah mengantongi SK Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi) RI untuk pendirian politeknik atau Poltek Bali Maha Werdhi (BMW) Internasional, pihak yayasan melantik para pejabat poltek ini di Ball Room, Kampus Poltek BMW Internasional di Banjar Adat Silakarang, Desa Singapadu Kaler, Rabu (30/3) sore.

Yayasan mempercayakan Ketua Tim Pendiri Poltek BMWI Dr Drs I Nyoman Lodra Msi, menjabat Direktur Poltek BMW Internasional masa bhakti 2022/2027. Doktor Kajian Budaya, Fakultas Ilmu Budaya,  Universitas Udayana (Unud) Denpasar ini, dibantu seorang sekretaris dan empat wadir (wakil direktur). Sekretaris Direktur Ni Putu Sumartini SPd MPd, Wadir Akademik Dr Drs I Made Darmada MPd, Wadir Keuangan dan Pengembangan Drs I Made Erawan MAP, Wadir Kemahasiswaan Dr Drs I Wayan Swandi Msi, dan

Wadir Kerjasama/Humas dan Sertifikasi I Made Mandi  SPd MPd. Manajemen poltek ini juga dimotori oleh 20 pejabat tingkat kepala satuan, unit, ketua program, dan sub unit lain, di luar staf pengajar/dosen, dan tenaga administrasi.

Prosesi pelantikan bertepatan dengan Hari Raya Pagerwesi, Buda Kliwon Sinta ini diawali dengan upacara Majaya-Jaya, dipimpin Pamangku Pura Puseh Silakarang. Prosesi berjalan khidmat. Aura optimis dan semangat maju terpancar dari wajah-wajah para civitas akademis ini. Prosesi disaksikan Dewan Penyantun Yayasan, prajuru Banjar Adat Silarang, Direktur LPK Sun Glory dan kepala SMK dan TK yang dinaungi yayasan, para dosen, dan tenaga administrasi kampus poltek.

Dr Drs I Nyoman Lodra Msi, selaku Ketua Tim Pendiri Poltek BMWI menyampaikan rasa bangga dan terima  kasih kepada jajaran tim pendiri poltek dan yayasan, yang telah bekerja keras hingga poltek ini terwujud.

Awalnya, sebelum berbentuk poltek, jelas dia, lembaga pendidikan vokasi ini dirancang berupa akademi komunitas (AK), sebagaimana banyak berdiri di kabupaten/kota di Indoneisia. Namun dengan menimbang dan menjawab tantangan ke depan, maka lembaga pendidikan menjadi poltek. ‘’Menimbang kebutuhan lulusan oleh dunia kerja dan  serta melihat tantangan era industri ke depan, maka mutu lulusan poltek ini harus diorientasikan dalam skala internasional,’’ jelasnya.

Nyoman Lodra menyatakan kebanggaannya karena proses pembentukan Poltek BMW Internasional berjalan relatif mulus. Dia penuh optimis sejak proses administrasi, visitasi Tim Dikti Kemendikbudristek RI ke Silakarang, hingga terbit SK pengesahan poltek ini. Namun selaku direktur, dirinya memberikan catatan penting kepada pengelola poltek, khususnya keluarga poltek yang terlibat langsung dan tak langsung dalam penerimaan mahasiswa baru tahun akademis 2022/2023. ‘’Kita hanya punya waktu sekitar empat bulan hingga poltek ini dapat menggelar perkuliahan dimulai awal September 2022,’’ ujarnya di hadapan para civitas akademis dan para undangan.

Ketua Pembina Yayasan Werdhi Sila Kumara Silakarang Nyoman Sudiantara menyampaikan rasa optimisnya dengan kinerja manajemen Poltek BMI Internasional. Namun dia tetap mengingatkan agar manajemen Poltek memiliki keterpaduan gerak antar bidang untuk kemajuan kampus ini. Lebih-lebih program perkuliahan akan dimulai awal September 2022, maka penting untuk segera meningkatkan kapasitas masing-masing bidang. Dengan kerja keras dan pengalaman para pengelola, Kelian Dinas Silakarang ini yakin poltek ini akan mampu melahirkan lulusan berkualitas.

Sebelumnya diberitakan, kampus Poltek Bali Maha Werdhi (BMW) Internasional sah dibuka, setelah Ketua Tim Pendiri Poltek BMWI Dr Drs I Nyoman Lodra Msi menerima SK dari Kemendikbudristek RI tentang pengesahan dan penetapan pendirian poltek tersebut. SK itu diterima melalui Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII Denpasar Prof Dr I Nengah Dasi Astawa Msi, di Kantor LLDikti setempat, Senin (28/3). *lsa

Komentar