nusabali

Anggota Polsek Denpasar Barat Dilatih Padamkan Api

  • www.nusabali.com-anggota-polsek-denpasar-barat-dilatih-padamkan-api

DENPASAR, NusaBali
Anggota Polsek Denpasar Barat dilatih memadamkan api oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, Kamis (24/3).

Latihan yang digelar di halaman belakang kantor Polsek Denpasar Barat, Jalan Gunung Tangkuban Perahu, Lingkungan Padangsumbu, Desa Padangsambian Kelod, Denpasar Barat ini untuk memberikan pengetahuan kepada polisi dalam upaya pencegahan awal kebakaran.

Anggota polisi yang terlibat dalam latihan tersebut adalah Bhabinkamtibmas, Unit Samapta, dan Unit Lalu Lintas. Para anggota ini dilatih kesigapannya karena sering berhadapan dengan peristiwa kebakaran di masyarakat. Diharapkan dengan latihan ini dapat disebarluaskan kepada masyarakat sehingga memilih pengetahuan yang sama dalam menghadapi peristiwa kebakaran.

Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Kota Denpasar AA Ngurah Surya Kencana selaku ketua tim pelatihan menjelaskan bahwa, timnya siap memberikan pengetahuan teknis terkait pencegahan awal bila terjadi kebakaran kepada anggota Polsek Denpasar Barat. Dikatakan pengetahuan dasar dalam menangani kebakaran sangat penting.

Dalam pelatihan yang digelar sederhana itu, anggota Polsek Denpasar Barat sangat antusias mendengarkan instruksi yang diberikan oleh instruktur tentang teknis penanggulangan awal terjadinya kebakaran. Harapannya anggota polisi ini mampu secara mandiri memadamkan api bila terjadi kebakaran dini, baik menggunakan metode tradisional maupun modern.

"Sedikit tidaknya diupayakan anggota Polsek Denpasar Barat mengetahui cara menanggulangi kebakaran yang itensitasnya tidak terlalu besar, baik pemadaman api menggunakan metode tradisional maupun metode modern menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dengan cara disemprotkan," ucapnya.

Sementara Kapolsek Denpasar Barat Kompol I Made Hendra Agustina mengatakan kegiatan ini digelar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anggotanya tentang cara yang benar menggunakan APAR bila terjadi kebakaran. "Pelatihan seperti ini sangat kami harapkan. Pengetahuan dasar seperti dalam pelatihan ini sangat penting," tuturnya. *pol

Komentar