nusabali

98 WBP Rutan Negara Divaksinasi Booster

  • www.nusabali.com-98-wbp-rutan-negara-divaksinasi-booster

NEGARA, NusaBali - Rutan Negara Kelas IIb Negara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Jembrana menggelar vaksinasi Covid-19 di Rutan Negara, Jembrana, Kamis (10/3).

Dalam kegiatan itu, ada sebanyak 120  warga binaan pemasyarakatan (WBP) menjalani vaksinasi. Dalam pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung mulai 09.30-12.30 Wita tersebut dikerahkan lima petugas vaksinator dari Puskesmas I Jembrana. Para WBP Rutan Negara sangat antusias mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut. Termasuk ikut serta dalam vaksinasi itu, mantan Bupati Jembrana I Gede Winasa yang menjalani hukuman di Rutan Negara.

Dari 120 WBP yang divaksinasi itu, ada 98 orang yang divaksin booster atau dosis III. Sedangkan sebanyak 22 WBP lainnya, ada 2 orang yang divaksin dosis I dan 20 orang yang divaksin dosis II. Selain para tahanan maupun narapidana itu, juga ada 2 orang petugas dan 1 orang Dharma Wanita Rutan Negara yang divaksinasi dosis ke-3.

"Jadi total WBP dan petugas yang divaksin tadi sebanyak 123 orang. Sebagain besar yang divaksinasi kali ini, melanjutkan vaksinasi dosis III," ujar Kepala Rutan (Karutan) Negara Bambang Hendra Setyawan, Kamis (10/3).

Menurut Bambang, kegiatan vaksinasi di rutan berlokasi di Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 di dalam Rutan Negara.

Selain dilakukan vaksinasi booster, Rutan Negara juga menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat selama masa pandemi Covid-19. Seperti memberlakukan syarat negatif Covid-19 sebelum menerima tahanan. Termasuk meniadakan kunjungan keluarga ke rutan yang diganti dengan menyediakan layanan warung telepon video call di dalam rutan.

Sementara berdasar data Satgas Penanganan Covid-19 Jembana per Rabu (9/3), dari jumlah 230.654 orang sasaran vaksinasi Covid-19 di Jembrana, untuk capaian vaksinasi dosis I sudah mencapai 260.210 orang atau 112,81 persen. Sedangkan untuk vaksiansi dosis II sebanyak 223.018 orang atau 96,69 persen, dan vaksiansi dosis III sebanyak 44.350 orang atau 19,23 persen. *ode

Komentar