nusabali

PKK Panjer Tanam Sayuran di TPS3R Paku Sari

  • www.nusabali.com-pkk-panjer-tanam-sayuran-di-tps3r-paku-sari

DENPASAR, NusaBali.com - TP PKK Kelurahan Panjer melakukan penanaman tanaman sayuran di TPS3R Paku Sari, Jalan Tukad Citarum P, Nomor 1, Panjer, Denpasar Satan, Kamis (10/3/2022).


Selain dihadiri kader PKK Kelurahan Panjer, kegiatan tersebut juga mendapat kunjungan Ketua TP PKK Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ayu Kristi Arya Wibawa.

Sebanyak 200 bibit tanaman sayur terdiri dari terong bulat, cabai rawit, cabai hijau besar, ditanam bersama-sama di lahan kosong di sisi barat area TPS3R Paku Sari. 

Ketua TP PKK Kelurahan Panjer, Grace Ari Wibawa, di sela kegiatan mengatakan penanaman tanaman sayur di lahan kosong TPS3R Paku Sari merupakan salah satu bentuk Program HATINYA PKK Kelurahan Panjer. 

HATINYA PKK merupakan akronim dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. Melalui program ini Tim Penggerak PKK membina kader PKK serta masyarakat untuk bergerak memanfaatkan lahan walaupun kecil dan minimalis, untuk diolah, diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

"Program ini bisa memperkuat perekonomian keluarga, kita bisa tanam sendiri (di halaman rumah), kita bisa petik sendiri, lebih segar, lebih sehat, lebih hemat juga pastinya," ujar Grace.

Terkait penanaman dilakukan di area TPS3R, Grace menyebut hal itu dilakukan untuk menghilangkan kesan kumuh tempat pengolahan sampah. Selain itu nantinya pupuk organik yang dihasilkan dari TPS3R Paku Sari bisa langsung digunakan sebagai penyubur tanaman. 

"Saya bersama dengan warga di Panjer, kita lagi bekerka keras, berjuang, bagaimana TPS3R ini menjadi tempat yang layak," sebutnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, menyatakan apresiasinya atas inisiatif PKK Kelurahan Panjer melakukan program HATINYA di TPS3R.

Ia berharap program ini bisa berlanjut di TPS3R lainnya di Kota Denpasar. "Setiap jengkal lahan yang bisa dimanfaatkan, kita tanami tanaman, terutama untuk pangan keluarga," ujar Sagung Antari.

Komentar