nusabali

PDAM Tabanan Siagakan Petugas Teknis untuk Antisipasi Gangguan saat Nyepi

  • www.nusabali.com-pdam-tabanan-siagakan-petugas-teknis-untuk-antisipasi-gangguan-saat-nyepi

TABANAN, NusaBali
Persiapan Hari Raya Nyepi, Perusahaan Daerah Tirta Amertha Bhuana (PDAM) Tabanan menurunkan personel memantau distribusi air.

Setidaknya 30 orang petugas teknis disiapkan berjaga 24 jam di reservoir (tandon air berukuran besar) yang tersebar di 17 titik di Tabanan.  Petugas teknis yang berjaga di reservoir tersebut masing-masing ditugaskan 2 orang. Reservoir ini tersebar di 17 titik, rinciannya, di Desa Candikuning, Desa Luwus, Kecamatan Baturiti. Kemudian di Desa Marga dan di kawasan reservoir sumber mata air Dedari, Kecamatan Marga.

Selanjutnya di reservoir Nyambu, Pandak Gede, dan Nyanyi, Kecamatan Kediri. Kemudian reservoir Celebuh, Wanasari, Pesiapan, Kecamatan Tabanan. Berikutnya ada di reservoir Telaga Tunjung, Meliling, Samsaman di Kecamatan Kerambitan.

Reservoir Bajera, Kecamatan Selemadeg. Reservoir Lalanglinggah dan Penataran di Kecamatan Selemadeg Barat. Dan terakhir di reservoir Pupuan, Kecamatan Pupuan.

Kepala Bagian Hubungan dan Langganan Perumda Tirta Amerta Bhuana Ida Bagus Marjaya, mengatakan petugas teknis itu disiagakan guna memantau distribusi air di kawasan layanan bila terjadi gangguan. Sehingga meskipun Hari Raya Nyepi, diputuskan 2 orang petugas teknis stand by di lokasi. “Apabila terjadi gangguan saat Hari Nyepi petugas teknis ini yang akan menangani,” tegasnya, Jumat (25/2).

Kata dia, Hari Raya Nyepi yang berlangsung setiap tahun ini tak begitu banyak pelanggan rumah tangga menggunakan air. Biasanya penggunaan air akan meningkat saat Hari Raya Galungan. Dengan kondisi itu dan pengalaman Nyepi tahun sebelumnya, tidak ditemukan adanya daerah yang rawan gangguan air saat Nyepi. “Tetapi kami tetap imbau kepada masyarakat untuk menampung air. Hal itu karena situasi sekarang curah hujan tinggi siapa tahu ada gangguan karena faktor alam,” kata Ida Bagus Marjaya.

Sementara itu, Kasubag Humas Perusahaan Tirta Amertha Bhuna Agus Suanjaya menambahkan, selain melakukan menugaskan petugas teknis stand by saat Hari Raya Nyepi, menjelang persiapan Nyepi ini seluruh bagian baik di teknis pompa, bagian panel, bagian produksi dilakukan pengecekan kembali. Bahkan seluruh jalur distribusi air sudah dicek sebagai antisipasi untuk kelancaran pelayanan. “Pengecekan ini kami lakukan agar saat Nyepi pelayanan menjadi lancar,” ucapnya.

Disampaikannya, serangkaian Hari Raya Nyepi Perusahaan Tirta Amertha Bhuna tutup pelayanan tatap muka selama tiga hari pada 2 – 4 Maret 2022. Namun untuk pembayaran rekening air bisa dilakukan secara online maupun m-banking Bank BPD Bali maupun bank lain dengan metode transfer antarrekening. “Kami juga sediakan petugas di kantor selama kantor Nyepi, tujuan untuk menampung keluhan masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi gangguan,” tandas Suanjaya. *des

Komentar