nusabali

Saber Pungli Ingatkan Petugas Dishub

  • www.nusabali.com-saber-pungli-ingatkan-petugas-dishub

Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Buleleng, Senin (27/2) siang menyambangi kantor Dinas Perhubungan Buleleng di jalan Sudirman, Kelurahan Banyuasri, Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali
Kedatangan tim itu pun sempat mengejutkan karena datang secara tiba-tiba. Dalam kunjungannya Satgas Saber Pungli hanya memberikan peringatan kepada seluruh petugas dan pegawai Dinas Perhubungan yang merupakan salah satu Dinas yang selama ini banyak tertangkap tangan melakukan pungutan liar (pungli).  Melalui anggota Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Buleleng, yang beranggotakan tim dari kepolisian serta Inspektorat Buleleng.

Dari kedatangan tim tersebut pertamakali diterima oleh Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan AP. Pihaknya pun menjelaskan meski belum melakukan penindakan, kedatangannya adalah untuk pencegahan dini khusus untuk Dinas Perhubungan Buleleng.

Tim pun menjelaskan bahwa sejumlah lokasi rawan pungli di Dinas Perbuhungan Buleleng, sehingga sejumlah pejabat, para kepala terminal dan petugas lapangan harus benar-benar menghindari kegiatan yang menyangkut pungli.

Apalagi hukuman yang diberikan kepada petugas yang terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), sangat berat, mempertaruhkan nama baik, jabatan dan karier. Bahkan tindakan terberatnya juga dapat tersangkut pidana.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Buleleng Gede Gunawan AP dikonfirmasi terpisah, mengaku sangat mengapresiasi kunjungan dan sosialisasi yang diberikan oleh pihak Satgas Saber Pungli. Pihaknya pun mengatakan bahwa sebelumnya sudah mengumpulkan pegawai dan petugas di lapangan, seperti petugas terminal dan tukang parkir, terkait sosialisasi pungli.

Gunawan pun mengaku terus akan mengingatkan pihaknya, sehingga ke depannya tidak ada ditemukan petugas dari Dishub Buleleng yang tertangkap tangan melakukan pungli. “Sebelumnya kami sudah bergerak, terutama bagi anggota dan petugas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Mudah-mudahan tidak ada kasus petugas Dishub Buleleng yang kena OTT,” ujar dia.

Dalam kunjungan tersebut tim Satgas Saber Pungli Buleleng juga menyerahkan satu spanduk imbauan yang akan dipasang di kawasan kantor Dishub, untuk senantiasa mengingatkan untuk tidak melakukan pungli. *k23

Komentar