nusabali

Diguyur Hujan, Dua Pohon Perindang Tumbang

  • www.nusabali.com-diguyur-hujan-dua-pohon-perindang-tumbang

AMLAPURA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang menumbangkan dua pohon perindang di Banjar Pauman, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem dan Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Kamis (17/2) sekitar pukul 01.40 Wita.

Pohon santen yang tumbang di Banjar Pauman menimpa tembok SMPN 3 Amlapura dan jalan raya. Pohon waru yang tumbang di Banjar Tanah Ampo juga melintang di jalan. Saat pohon tumbang, di dua lokasi tidak ada pengendara yang melintas.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, turun bersama lima anggota untuk membersihkan pohon santen tumbang di Banjar Pauman, Desa Seraya Tengah. BPBD menggunakan dua chainsaw untuk membersihkan pohon santen dengan panjang 12 meter dan diameter 40 cm itu. Penanganan dilakukan sekitar 30 menit dengan memotong dahan, ranting, dan batang pohon kemudian disingkirkan ke tepi jalan.

Selama penanganan tidak ada kendaraan melintas karena dikerjakan tengah malam. “Pohon santen tumbuh di pinggir jalan dan mencolok ke jalan raya. Akarnya telah keropos, saat diguyur hujan dan ditiup angin kencang pohon itu tumbang,” jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa. Sedangkan pohon waru tumbang di Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis juga menimpa jalan raya. Penanganan dilakukan lebih cepat dari yang diperkirakan karena arus lalu lintas sepi. Pohon waru itu dengan panjang 15 meter dan diameter 20 cm. *k16

Komentar