nusabali

Terpilih Aklamasi, IB Alit Wiradana Jadi Ketua Forum Sekda

  • www.nusabali.com-terpilih-aklamasi-ib-alit-wiradana-jadi-ketua-forum-sekda

DENPASAR, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Bali periode 2022-2024 dalam Rapat Kerja Komisariat Forsesdasi Wilayah Bali 2022 yang digelar di Plataran Hotel, Ubud, Gianyar, Jumat (4/2).

Gus Alit Wiradana terpilih menggantikan Ketua Forsesdasi sebelumnya mantan Sekda Kota Denpasar, Anak Agung Ngurah Rai Iswara.

Raker yang digelar sesuai AD/ART Forsesdasi Bali dan Hasil Rapat Kerja Forsesdasi 2022 mengadakan pemilihan pengurus masa bakti 2022-2024. Para peserta Raker yang merupakan Sekda seluruh Bali y menyepakati Sekda Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana untuk memimpin Forsesdasi Bali. Hadir juga dalam kegiatan ini, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra bersama Sekda Kabupaten/Kota se-Bali didampingi Kabag Organisasi Kabupaten/Kota se-Bali. 

Terpilihnya Alit Wiradana memimpin Forsesdasi Bali karena semua peserta yang hadir menghendaki agar mantan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Denpasar tersebut memimpin Forsesdasi Bali. Alit Wiradana dinilai sebagai sosok yang tepat dalam mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan forum para Sekretaris Daerah di Bali ini.

Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam arahannya mengatakan Rapat Komisariat Wilayah Forsesdasi Provinsi Bali dilaksanakan untuk menjadi forum penguatan organisasi, perumusan kebijakan strategis organisasi, persiapan pembentukan kepengurusan baru, serta ajang silahturahmi para anggota.

"Dalam rapat Komisariat Wilayah (Komwil) Forsesdasi Provinsi Bali Tahun 2022 kali ini memiliki agenda utama, yaitu pemilihan Kepengurusan Komwil Forsesdasi untuk periode tahun 2022-2024. Pergantian dan Pengukuhan Kepengurusan Komwil Forsesdasi Provinsi Bali periode 2022-2024. 

Pisah Kenal Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana, Made Sudiada, yang sudah pensiun dan digantikan I Made Budiasa serta Pembahasan hasil rapat kerja 2022 yang telah diselenggarakan di NTB pada tanggal 26-27 Januari 2022 lalu," jelas Dewa Indra.

Sementara Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana terpilih menjadi Forsesdasi sebagai kepercayaan dari Sekda Provinsi Bali dan Sekda se-kabupaten/kota di Bali. Dirinya mengakui bahwa tugas sebagai Ketua Forsesdasi adalah sebuah kepercayaan. 

“Kepercayaan ini adalah tugas dan amanah yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya untuk membangun komunikasi dan koordinasi dengan para sekda se-Bali dan Pemerintah Provinsi Bali dalam membantu tugas kepala daerah masing-masing guna mempercepat pembangunan di daerah dan pelayanan kepada masyarakat," kata Alit Wiradana.

Kata dia, ke depannya program awal yang akan dilaksanakan setelah resmi memimpin Forsesdasi akan membangun komunikasi dan koordinasi sama sekda se-Bali berkaitan dengan tugas sekretaris daerah. 

"Program awal kita komunikasi dulu dengan sekretaris daerah lainnya. Kita akan selalu sharing, dan setiap bulan kami siapkan agenda mengadakan pertemuan berkaitan tugas kedepan, menggali permasalahan dan menyelesaikannya," tandasnya.

Gus Alit Wiradana sendiri terbilang baru menjabat Sekda Kota Denpasar. Dia dilantik sebagai Sekda Kota Denpasar oleh Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, pada Kamis 7 Oktober 2021 lalu. 

Gus Alit Wiradana merupakan birokrat asal Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, yang sudah berpengalaman menempati beberapa poosisi jabatan Eselon IIB Pemkot Denpasar. Birokat kelahiran 10 November 1965 ini, antara lain, sempat menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Denpasar dan terakhir menjadi Kepala Dinasa PMD Kota Denpasar.

Sebelum ditetapkan dan dilantik sebagai Sekda Kota Denpasar, Gus Alit Wiradana lolos 3 besar Calon Sekda Kota Denpasar melalui proses lelang (seleksi terbuka) oleh Pansel yang diketuai langsung Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali, I Ketut Lihadnyana. Gus Alit Wiradana lolos 3 besar bersama I Gusti Ngurah Eddy Mulya (yang kini menjabat sebagai Asisten III Setda Kota Denpasar) dan I Putu Wisnu Wijaya Kusuma (yang kini menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Denpasar). 7 mis

Komentar