nusabali

Garuda Indonesia Layani Rute Narita-Denpasar Satu Kali Seminggu

  • www.nusabali.com-garuda-indonesia-layani-rute-narita-denpasar-satu-kali-seminggu

MANGUPURA, NusaBali.com - Yang dinanti-nanti akhirnya datang, satu penerbangan internasional komersial mendarat di landasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kamis (3/2/2022) sekitar pukul 16.32 Wita. Maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 881 menurunkan 12 penumpang yang dibawanya dari Bandara Narita, Jepang.

Kedatangan pesawat maskapai pelat merah Indonesia langsung disambut dengan inagural flight. Dua water canon secara bersamaan menyiram armada Garuda Indonesia sebagai ucapan selamat datang kembali. 

Kedua belas penumpang yang dibawa terdiri dari Warga Negara Indonesia (WNI) sebanyak 6 orang dan enam orang lagi merupakan warga negara Jepang. Warga negara Jepang yang diangkut merupakan stakeholder pariwisata di Negeri Sakura seperti dari travel agent dan representative lainnya. 

“Total penumpang ada 12 orang, ada 6 orang WNI, dan 6 orang Jepang,” terang Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia, Ade R Susardi, Kamis (3/2/2022) di Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

Ade Susardi menyatakan keputusan melakukan penerbangan internasional di tengah masa pandemi Covid-19 telah melalui koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti Kemenparekraf, Pemprov Bali, Bandara I Gusti Ngurah Rai, KKP Kelas I Denpasar, Satgas Covid-19 (Bali), dan lainnya. 

“Jadi kebijakan-kebijakan yang terkait prokes akan selalu dijaga, Covid-19 itu masih ada tapi kita lakukan SOP-nya supaya tidak terjadi penyebaran,” ujar Ade Susardi.

Dijelaskan, travel agent dan representative dari Jepang yang turut dalam penerbangan hari ini bertujuan melihat kesiapan Bali menyambut kedatangan wisatawan Negeri Matahari terbit. Setelah melihat secara langsung kesiapan pelaku pariwisata di Bali, mereka tentu akan menyampaikan kepada warga Jepang yang selama ini merindukan liburan di Bali. 

“Tim dari Kemenpar, travel agent, representative dari sana (Jepang) perlu jual juga, bahwa Bali prosesnya begini, kemudahannya begini, dan perlu dijamin juga perjalannya sehat,” sebut Ade. 

Ade pun mengakui penerbangan pada hari ini merupakan penerbangan komersial pertama dilakukan maskapai pelat merah Indonesia semenjak penerbangan internasional ditutup. Namun, untuk penerbangan internasional cargo (pengangkutan barang) selama ini tetap dilakukan, bahkan setiap hari.

Lebih jauh dijelaskan, penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Jepang langsung menuju Bali untuk pertama kali semenjak pandemi Covid-19 akan diikuti dengan penerbangan rutin sebanyak satu kali setiap minggu dari Bandara Narita.

“Kita plan seminggu sekali Garuda terbang setiap hari Kamis, direct ke Bali,” ungkap Ade.

Komentar