nusabali

17 Peserta Seleksi JPT Pratama Buleleng Lolos Administrasi

  • www.nusabali.com-17-peserta-seleksi-jpt-pratama-buleleng-lolos-administrasi

SINGARAJA, NusaBali
17 orang seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Buleleng lolos administrasi, Rabu (2/2) kemarin.

Mereka yang mendaftar untuk pengisian 4 jabatan tinggi eselon II lingkup Pemkab Buleleng, selanjutnya akan menjalani tes wawancara pada Selasa (8/2) - Jumat (11/2). 

Sekretaris Panitia Seleksi (pansel) JPT Pratama Pemkab Buleleng I Gede Wisnawa, usai rapat Rabu sore kemarin, mengatakan seluruh peserta yang telah mendaftarkan diri dan menyetorkan persyaratan seleksi dinyatakan lulus. “Setelah dilakukan seleksi, seluruh berkas peserta lengkap sehingga semuanya dinyatakan lulus seleksi administrasi,” ungkap Wisnawa.

Belasan peserta seleksi akan menjalani tes makalah dan wawancara terlebih dahulu. Wisnawa mengatakan pansel menyiapkan empat hari untuk tes makalah dan wawancara. Namun seluruh peserta seleksi sudah harus menyetorkan makalah yang akan dipresentasikan pada Senin (7/2) mendatang.

"Temanya sudah kami tentukan yakni peningkatan pelayanan publik pada masa pandemi. Nanti masing-masing pelamar di satu jabatan akan diambil satu hari, sehingga untuk tes makalah dan wawancara perlu waktu 4 hari,” imbuh Wisnawa.

Selanjutnya, pansel juga akan melakukan penyesuaian jadwal asesmen menggunakan Computer Assisted Test (CAT). 

Pelaksanaan asesmen diundur pada tanggal 21 - 22 Februari mendatang di BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Provinsi Bali. Namun pansel JPT optimis, seluruh tahapan seleksi dapat dituntaskan pada awal Maret mendatang. Sehingga dapat dimintakan persetujuan dan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Seleksi JPT Pratama tahun 2022 untuk 4 jabatan eselon II, dengan jumlah pelamar total 17 orang, jelas Wisnawa,  mendapatkan antusiasme ASN di Buleleng cukup tinggi. Bahkan satu jabatan yakni Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Buleleng dilamar oleh 5 orang.

“Antusiasme ASN di Buleleng cukup tinggi, jika dibandingkan waktu pendaftaran yang dibuka hanya 8 hari, karena dibuka seleksinya ada 4 jabatan. Kalau ditambah masa pendaftarannya bisa nambah lagi,” jelas Wisnawa yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng. Dia pun mengatakan seluruh peserta seleksi memiliki kesempatan  dan hak yang sama untuk menunjukkan kemampuannya, memperjuangkan jabatan yang dilamar.

Sebelumnya diberitakan, Pansel JPT Pemkab Buleleng membuka seleksi untuk pengisian 4 jabatan eselon II yang lowong. Keempat jabatan tersebut yakni Kepala Balitbang Inovda Pemkab Buleleng, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Buleleng. Sebanyak 17 orang terdaftar untuk memperebutkan jabatan tersebut. Masing-masing jabatan diisi 4 orang peserta seleksi, terkecuali jabatan Kepala Balitbangkes dengan 5 orang. 7k23

Komentar