nusabali

Jelang Imlek, Vihara Dharmayana Kuta Bersihkan 300 Lampion

  • www.nusabali.com-jelang-imlek-vihara-dharmayana-kuta-bersihkan-300-lampion

MANGUPURA, NusaBali
Jelang Hari Raya Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022, berbagai persiapan dilakukan oleh warga Tionghoa di Banjar Dharma Semadi, Kecamatan Kuta, Badung.

Seperti yang dilakukan Senin (24/1) siang, warga Tionghoa mulai membersihkan sekitar 300 lampion di Vihara Dharmayana.


Rencananya, pembersihan secara menyeluruh area Vihara yang terletak di Jalan Blambangan, Kecamatan Kuta, itu akan dilakukan pada Rabu (26/1) besok. Pembersihan sengaja dilakukan bertahap dimulai dari lampion.

Penanggung Jawab Pengurus Vihara Dharmayana Kuta Adi Dharmaja Kusuma, mengatakan menjelang Hari Raya Imlek beberapa persiapan sudah mulai dilakukan, salah satunya dengan menurunkan ratusan lampion yang terpasang pada perayaan Imlek tahun lalu. Penurunan itu, kata dia, dilakukan sejak Minggu (23/1) oleh beberapa warga.

“Sejak kemarin (Minggu) kami menurunkan 300 lampion yang sebelumnya terpasang di seluruh area Vihara untuk dibersihkan,” kata Adi Dharmaja.

Proses pembersihan lampion dilakukan bertahap. Pembersihan ini untuk mempermudah serta mempercepat proses pembersihan menyeluruh yang dijadwalkan pada Rabu besok. Termasuk nanti pembersihan Arca. “Berhubung totalnya cukup banyak, makanya sudah mulai dikerjakan bertahap. Tapi untuk pembersihan secara besar-besaran baru Rabu kami lakukan,” jelas Adi Dharmaja.

Mengingat masih dalam suasana pandemi, Adi Dharmaja mengaku tetap membatasi warga yang datang agar tidak terjadi kerumunan, sehingga tidak menimbulkan persoalan lain dikemudian hari. “Selain itu protokol kesehatan (prokes) juga kami terapkan dalam rangkaian dan juga puncak Hari Raya Imlek,” tegasnya. *dar

Komentar