nusabali

Cegah DBD, Warga Gelar Fogging Secara Swadaya

  • www.nusabali.com-cegah-dbd-warga-gelar-fogging-secara-swadaya

DENPASAR, NusaBali
Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Warga Banjar Samping Buni, Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat gelar Fogging Focus secara swadaya, Minggu (16/1).

Perbekel Pemecutan Kelod, I Wayan Tantra saat dihubungi mengatakan pemerintah desa memohon bantuan obat fogging ke Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Sedangkan untuk tenaga, BBM dan lain sebagainya swadaya dari warga Banjar Samping Buni.

"Hal itu dilakukan dalam upaya mengantisipasi terjadinya DBD," kata Perbekel Wayan Tantra. Dia menjelaskan dalam kegiatan ini pihaknya  memohon obat foggingnya saja ke Dinas Kesehatan, mengingat obat untuk fogging sangat susah dibeli di luar dan tidak boleh sembarangan orang boleh membelinya. Meskipun demikian pelaksanaan fogging berjalan dengan baik dan lancar.

Lebih lanjut Tantra mengatakan, pelaksanaan fogging memang tidak bisa mencegah penyakit DBD secara tuntas, namun setidaknya dapat membunuh nyamuk dewasa. Untuk mencegah penularannya pihaknya telah mengajak Jumantik di masing-masing banjar untuk datang ke rumah-rumah warga untuk sosialisasi dan edukasi dalam pencegahan penularan DBD dengan melakukan 3 M. *sur

Komentar