nusabali

Guru Asal Gelgel Pimpin SMAN 2 Gianyar

  • www.nusabali.com-guru-asal-gelgel-pimpin-sman-2-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Pemprov Bali melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bali makin serius mewujudkan SMAN 2 Gianyar.

Selain telah menerima murid baru tahun ajaran 2021//2022, SMAN 2 yang masih nebeng di SMAN 1 Gianyar ini, kini punya kepala sekolah difinitif. Acara serah terima jabatan kepala sekolah (kasek) dari Plt Kepala SMAN 2 I Wayan Sudra Astra yang juga Kasek SMAN 1 Gianyar (Dosman) kepada Kepala SMAN 2 Gianyar Gde Eka Semaya Putra,52, digelar di Wantilan Dosman, Selasa (4/1) siang.

Eka Semaya Putra lulusan Magister Administrasi Kependidikan Undiksa Singaraja, asal Banjar Jero Agung, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung. Dia mantan guru PPKN SMAN 1 Banjarangkan, di Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Sebelumnya diperbantukan menjabat Kepala SMK Panca Atma Jaya Klungkung.

Dalam sambutannya, Sudra Astra mengatakan SMAN 2 Gianyar dirancang sejak tahun 1998, era Kasek Dosman I Nyoman Manda. Namun baru dalam kepemimpinan Gubernur Bali I Wayan Koster, sekolah ini diwujudkan setelah menganalisis kebutuhan dari tamatan SMP yang makin banyak. Awal pendirian tahun 2021, SMAN 2 menargetkan 2 rombongan belajar (rombel) murid baru. Namun karena animo melonjak, menerima 6 rombel. Karena dalam suasana Covid-19, Disdik Bali mempercayakan pengelolaan sekolah dalam satu managemen dengan SMAN 1 Gianyar. ‘’Meski masih di Dosman, semua siswa SMAN 2 kami putuskan bersekolah pagi, seperti anak-anak Dosman, tentu dengan banyak upaya,’’ jelas kasek asal Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar ini.

Sudra Astra menambahkan, dari banyak diskusi didasari sastra-sastra Hindu Bali, SMAN 2 memakai nama kren ‘Sadu’ (SMAN dua). Motto sekolah ‘Sadu Widya Guna Darma’ yang berarti ‘kemuliaan ilmu pengetahuan yang didarmakan untuk kemanfaatan hidup’. Lokasi sekolah dipastikan di Banjar Kembengan, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar. Dia sangat yakin SMAN 2 Gianyar akan mampu berkompetisi dengan sekolah lain, hingga menjadi kebanggaan masyaakat. ‘’Karena sudah banyak anak-anak SMAN2 menunjukkan prestasi baik bidang akademik dan non akademik,’’ jelasnya.

Kepala SMAN 2 Gianyar Gde Eka Semaya Putra mengatakan, dengan mengacu spirit Sadu dan motto sekolah yang adiluhung, dirinya sangat optimis sekolah ini akan mampu memenuhi harapan semua pihak. Dia mengakui punya pengalaman memimpin SMK swasta. Namun dirinya mesti terus memutakhirkan pembelajaran sekolah sesuai sistem kependidikan dan teknologi terkini. ‘’Kami akan bangun terus komunikasi dengan pimpinan SMAN 1 Gianyar,’’ ujar jebolan SPGN Klungkung 1987 ini.  

Kepada siswa SMAN 2 Gianyar, dia mengingatkan  agar tetap menjaga kesantunan belajar, terlebih masih bersama-sama berlajar di SMAN 1 Gianyar. ‘’Tapi, jangan kalah sama ‘kakak’ di SMAN 1 Gianyar. Buktikan diri bahwa kalian mampu untuk berprestasi, jangan pesimis,’’ tegas kasek yang telah bersosialisasi di SMAN 2 Gianyar, 28 Desember 2021.

Acara serah terima jabatan kasek dihadiri Ketua Komite SMAN 2 Gianyar IGN Wijana, Ketua Komite Dosman Pande Nyoman Yoharsana, para wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Ketua Komite IGN Wijana mengatakan sangat optimis SMAN 2 bisa berkompetisi dengan sekolah sejenjang lainnya. Dia akan berjuang ke Pemrov Bali agar SMAN 2 Gianyar segera bisa menggunakan gedung mandiri di Desa Tulikup. ‘’Semoga tahun 2023 anak-anak SMAN 2 ini bisa menempati sekolah baru di Tulikup,’’ ujar mantan Kadisdik dan Kadis Kebudayaan Gianyar ini. *lsa

Komentar