nusabali

Form C6 Belum Tuntas Dibagi

  • www.nusabali.com-form-c6-belum-tuntas-dibagi

Memasuki H-2 Pilkada Jembrana, Senin (7/12), belum semua pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) menerima surat panggilan memilih atau form C6 dari KPU Jembrana. 

Padahal KPU Jembrana Targetkan Rampung H-3 Coblosan

NEGARA, NusaBali
Kondisi ini melenceng dari rencana KPU Jembrana sebelumnya yang menargetkan pembagian form C6 tersebut akan rampung pada H-3 Pilkada, Minggu (6/12).

Kondisi ini diakui Divisi Logistik KPU Jembrana, I Putu Eka Sutamarbawa, Senin kemarin. Menurutnya, dalam teknis pembagian C6 ini, pihaknya melakukannya secara berjenjang melalui Panitia Pemilih Kecamatan (PKK), dilanjutkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa/kecamatan, dan terakhir diserahkan kepada Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang menyerahkan kepada pemilih di masing-masing wilayah TPS. 

“Penyerahan kepada PPK sudah 2 Desember lalu,” katanya. Sesuai tahapan, pembagian C6 itu paling lambat atau terakhir sudah harus selesai pada H-1 atau 8 Desember hari ini. Meski dipatok selesai H-1, pihaknya sempat meminta agar pembagiannya bisa selesai lebih awal paling tidak H-3. Namun nyatanya tidak mampu terkejar. 

“Makanya untuk memastikan besok (hari ini) semua dibagikan, tadi kami rapat dengan para PPK. Disampaikan, kalau kendala utama mereka di lapangan, karena sulit menemui langsung pemilihnya. Dicari di rumah tidak ada, makanya kembali. Sedangkan mereka juga tidak berani menitip, biar langsung menyerahkan kepada orangnya,” ujar Eka.

Meski menemui kendala itu, sambung Eka, semua PPK mengaku sudah pasti bisa merampungkan pembagian C6 itu, sesuai dengan deadline yang ditentukan. Karena dari pengamatan, yang belum menerima juga tidak terlalu banyak. 

Sementara Ketua Panwaslu Jembrana, Pande Made Ady Muliawan secara terpisah mengatakan sempat mengingatkan KPU tentang belum rampungnya pembagian C6 itu. “Tetapi saya bilang kalau saya sendiri ternyata baru menerima tadi. Ini kita sudah minta biar diperhatikan,” katanya. 7 ode

Komentar