nusabali

Penyaluran KKS Terkendala Cuaca

  • www.nusabali.com-penyaluran-kks-terkendala-cuaca

AMLAPURA, NusaBali
Penyaluran kartu keluarga sejahtera (KKS) di Karangasem terkendala geografis dan hujan. Penerima KKS di Karangasem sebanyak 12.014 kepala keluarga.

Pencairan terakhir KKS berupa sembako Kamis (30/12). Namun masih banyak belum terealisasi. Selain terkendala cuaca, sejumlah penerima bantuan sudah meninggal, ada juga pindah lokasi.

Koordinator Daerah BSP (Bantuan Sosial Pangan) Karangasem Ni Luh Sriasih, mengungkapkan jika penerima bantuan sembako meninggal, bisa diwariskan kepada ahli warisnya. Selanjutnya dibuatkan kartu baru agar bisa menerima bantuan lagi. Jika penerima bantuan sembako meninggal tanpa pewaris, bantuannya dikembalikan. Begitu juga penerima bantuan yang pindah domisili, bantuan tidak bisa dicairkan. “Sementara yang telah kelar penyaluran bantuan di Kecamatan Karangasem, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Selat,” unglap Luh Sriasih, Kamis (30/12).

Bantuan telah dialokasikan sejak Juli, tetapi kartu KKS baru datang dan dibagikan pada November 2021. Warga penerima bantuan buat rekening di BRI. Tiap bulan dapat bantuan senilai Rp 200.000. Uang ditukarkan dengan sembako di e-warung yang ditunjuk BRI. Penerima KKS di Kecamatan Manggis sebanyak 829 warga, Kecamatan Rendang sebanyak 608 warga, Kecamatan Selat sebanyak 981 warga, Kecamatan Bebandem sebanyak 1.331 warga, Kecamatan Karangasem sebanyak 2.123 warga, Kecamatan Kubu sebanyak 2.307 warga, dan Kecamatan Abang sebanyak 2.732 warga. *k16

Komentar