nusabali

Bupati Gede Dana Lantik 271 Jafung dan 50 Pejabat Eselon IV

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-lantik-271-jafung-dan-50-pejabat-eselon-iv

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana melantik 271 pejabat fungsional (jafung) dan 50 pejabat eselon IV/a di Aula Nawa Satya Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Kamis (30/12).

Banyak pejabat eselon IV dijadikan pejabat fungsional pasca penyederhanaan kelembagaan. Sebanyak 7 OPD digabung sehingga 293 pejabat eselon IV disederhanakan.

Ketujuh OPD itu yakni Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman digabung ke Dinas PUPR, Dinas Perindustrian dan Perdagangan bergabung ke Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Pariwisata bergabung ke Dinas Kebudayaan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bergabung ke Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perikanan bergabung ke Dinas Pertanian.

Mengisi 5 OPD yang baru, Bupati Gede Dana hanya melantik 50 pejabat eselon IV/a, 230 pejabat fungsional, 38 pejabat fungsional guru SD dan SMP, 1 orang dokter gigi ahli utama, 2 orang analis ahli madya, dan 230 pejabat fungsional yang sebelumnya menjabat eselon IV. “Penyetaraan eselon IV merupakan amanat Permenpan Nomor 17 Tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional,” jelas Bupati Gede Dana. Tujuannya, memutus mata rantai birokrasi dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Khusus untuk 1 jabatan fungsional ahli utama drg Maria Yovita Inggriati Prasetio diangkat berdasarkan Keppres Nomor 34/M/2021 setelah ulus uji kompetensi di Kemendagri. Pengambilan sumpah jabatan dihadiri Ketua DPRD I Wayan Suastika, Sekda I Ketut Sedana Merta, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia I Gusti Gede Rinceg, dan undangan lainnya. *k16

Komentar