nusabali

Umat Muslim Kepaon Kehilangan Sosok Tjokorda Pemecutan XI

  • www.nusabali.com-umat-muslim-kepaon-kehilangan-sosok-tjokorda-pemecutan-xi

DENPASAR, NusaBali.com - Wafatnya Raja Pemecutan, Ida Tjokorda Pemecutan XI, tidak saja meninggalkan duka bagi krama Hindu di Bali. Umat muslim di Kampung Islam Kepaon juga merasakan duka mendalam dengan hilangnya sosok bersahaja Tjokorda Pemecutan XI.

Peran Tjokorda Pemecutan XI dalam membangun toleransi umat beragama di Kampung Islam Kepaon diketahui memang cukup besar. Setiap ada hari raya Islam, Ida Ida Tjokorda Pemecutan XI, selalu menyempatkan hadir di tengah-tengah warga muslim Kepaon.

“Peran beliau sangat besar sekali, apalagi kepada warga Kampung Islam Kepaon, di mana beliau tidak bisa melupakan ikatan kekeluargaan dengan warga muslim,” ujar Ketua Takmir Masjid Al-Muhajirin Kepaon Denpasar, HM Anwar Lc, Kamis (23/12/2021).

“Karena itulah saya dan masyarakat muslim di Kepaon sangat merasa kehilangan, persis seperti wafatnya ayahanda beliau (Tjokorda Gambrong),” sambungnya.  

Haji Anwar menyebut, secara historis sejarah keluarga Pemecutan sangat terkait dengan keberadaan Kampung Islam Kepaon. Terdapat angggota keluarga Puri  Agung Pemecutan yang memeluk agama islam ( Putri Khadijah ) yang jadi cikal bakal terbentuknya masyarakat muslim di Kampung Islam Kepaon. 

Melihat adanya sejarah demikian, Tjokorda Pemecutan XI dengan kiprahnya selama ini, ujar Haji Anwar, telah berhasil melanjutkan tradisi menyama braya antara Puri Agung Pemecutan dan Kampung Islam Kepaon.  

“Peran beliau dan juga Leluhur Puri Pemecutan sangat besar sekali dalam segala bidang terutama di bidang keagamaan dan adat budaya Islam yang ditinggalkan oleh keluarga muslim dari Puri Pemecutan beserta para tokoh muslim di Kampung Islam Kepaon,” sebut Haji Anwar. 

Haji Anwar berharap meski Tjokorda Pemecutan XI telah tiada, hubungan kekeluargaan para penerus Puri Agung Pemecutan dengan generasi penerus masyarakat Kampung Islam Kepaon dapat terus dipertahankan.  

“Harapan kita di masyarakat Kampung Islam Kepaon adalah hubungan kekeluargaan antara para tokoh generasi penerus Puri Pemecutan dan generasi masyarakat di Kampung Islam Kepaon tetap terjaga dan semakin kuat dan sejarah keluarga pun tidak akan terlupakan selama lamanya, amin,” tutur Haji Anwar.

Terkait warga Kampung Islam Kepaon yang akan melayat ke Puri Agung Pemecutan, Haji Anwar menyebut masih menunggu keputusan Kepala Dusun Kepaon. “Untuk saat ini tiyang belum dapat informasi dari kepala dusun, kemarin kita dan warga hanya mengirimkan karangan bunga,” ucap Haji Anwar. 

Seperti diketahui, Raja Puri Agung Pemecutan, Ida Tjokorda Pemecutan XI, wafat di usia 76 tahun pada Buda Paing Krulut, Rabu (22/12/2021) subuh pukul 05.30 Wita, setelah berjuang melawan komplikasi penyakitnya. Jenazah Tjokorda Pemecutan XI saat ini masih disemayamkan di Puri Agung Pemecutan. Upacarai palebon masih belum dipastikan jadwalnya karena pihak keluarga masih melakukan paruman. 

Komentar