nusabali

Yowana Desa Adat Pecatu Dorong Pembangunan SMA/SMK Negeri

  • www.nusabali.com-yowana-desa-adat-pecatu-dorong-pembangunan-smasmk-negeri

MANGUPURA, NusaBali
Persoalan penerimaan peserta didik baru (PPDB) setiap tahun karena terbatasnya daya tampung sekolah negeri membuat muncul usulan pembangunan Gedung SMA/SMK Negeri di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Usulan itu muncul saat kegiatan Temu Wirasa Yowana se- Kecamatan Kuta Selatan di Wantilan Pura Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Minggu, (19/12) sore.

Kegiatan temu wirasa, dilaksanakan dalam rangka simakrama antar Sekaa Teruna dan Sabha Yowana Desa Adat se-Kecamatan Kuta Selatan. Hadir Bendesa Adat Pecatu I Made Sumerta SH, Bendesa Alit Majelis Desa Adat (MDA) Kecamatan Kuta Selatan Drs I Made Retha SH MAP, Penyarikan Madya MDA Kabupaten Badung Ida Bagus Gede Widnyana SSos, Sekretaris Camat Kuta Selatan I Wayan Sujaka Arianta SE, Prajuru Yowana Kabupaten Badung, Prajuru Sabha Yowana dan Pengurus Sekaa Teruna se- Kecamatan Kuta Selatan.

Nah, dalam kegiatan tersebut mengemuka usulan untuk didirikannya SMA dan SMK negeri baru yang berlokasi di Kuta Selatan, tepatnya di antara Desa Ungasan dan Desa Pecatu. Adalah Ketua Sabha Yowana Desa Adat Pecatu, I Putu Chandra Riantama SH yang memunculkan usulan pembangunan SMA/SMK Negeri di Kuta Selatan. Chandra mengatakan pembangunan SMA/SMK di Kuta Selatan, khususnya di antara Desa Pecatu dan Desa Ungasan sangatlah urgen mengingat selama ini warga Kuta Selatan khususnya Desa Pecatu, selalu mengalami kesulitan untuk masuk ke sekolah negeri.

"Siswa di Kuta Selatan kesulitan untuk bisa mendapatkan sekolah negeri, karena terkendala sistem zonasi," ujar Chandra dalam rilisnya yang diterima NusaBali, Senin (20/12). Kata Chandra, selama ini setiap penerimaan siswa baru, siswa di Kuta Selatan selalu sulit masuk ke sekolah negeri, karena Desa Pecatu ini tidak terjangkau sistem zonasi dengan SMA/SMK Negeri manapun yang terdekat.  "Maka dalam forum Yowana kami dorong agar segera ada pembangunan sekolah baru," ujar  Chandra di hadapan Pengurus Yowana Kabupaten Badung.

Chandra yang juga merupakan Ketua DPC GMNI Denpasar ini mengatakan dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Yowana Kabupaten Badung untuk menyerap dan mendengarkan aspirasi dari Sabha Yowana Kuta Selatan, aspirasi pembangunan sekolah baru disampaikan agar dapat diatensi pemangku kebijakan. "Kami menyampaikan keresahan warga Pecatu," ujar Chandra. *nat

Komentar