nusabali

Vaksinasi Covid-19 di Gianyar Sasar 40.787 Anak

Baru Cek Tensi, Anak SD Sudah Histeris

  • www.nusabali.com-vaksinasi-covid-19-di-gianyar-sasar-40787-anak

GIANYAR, NusaBali
Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Gianyar dimulai, Rabu (15/12). Vaksinasi dilaksanakan serentak di 47 SD seluruh Gianyar.

Sasaran vaksinasi hari pertama sebanyak 8.148 anak. Selanjutnya vaksinasi anak berlanjut hingga 28 Desember dengan total sasaran 40.787 anak. Saat vaksinasi kemarin, sebagian besar anak SD menangis. Bahkan ada sejumlah anak histeris padahal baru cek tensi.

Menenangkan para anak SD, pihak sekolah bekerja sama dengan orang tua siswa untuk mendampingi anak-anaknya saat vaksin. Kasek SDN 1 Gianyar, Puji Wirdani, menjelaskan vaksinasi Covid-19 diberikan kepada siswa kelas I hingga kelas VI yang rata-rata berusia 6 hingga 11 tahun. Jumlah siswa SDN 1 Gianyar sebanyak 573 siswa. “Ada beberapa siswa yang usianya 12 tahun sudah divaksin lebih dulu,” ungkap Puji Wirdani.

Puji mengaku bersyukur, setelah divaksin para siswanya tidak menunjukkan reaksi yang buruk. Siswa yang dalam kondisi sakit akan dijadwalkan mengikuti vaksinasi susulan dengan datang langsung ke Puskesmas terdekat. “Astungkara kondisi siswa sehabis vaksin baik-baik saja. Tadi ada beberapa siswa yang izin sakit, setelah kami konsultasikan boleh menyusul dengan datang langsung ke puskesmas,” papar Puji. Dia berharap vaksinasi bagi anak dapat mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di kalangan siswa.

Puji mengungkapkan, pembelajaran tatap muka (PTM) selama ini sudah berjalan dengan baik. Diberlakukan beberapa sesi agar penerapan protokol kesehatan bisa optimal. “Dalam satu kelas dua kali sesi pembelajaran. Satu kali pembelajaraan tergantung jumlah murid di dalam kelas,” bebernya. Misalnya jumlah 40 siswa bagi dua, maka 20 siswa sesi pertama dan 20 siswa sesi kedua, tidak ada istirahat karena tidak boleh ada jam istirahat. Untuk kelas 4, 5, dan 6 satu sesinya 2 jam tanpa istirahat. Kelas 1, 2, dan 3 satu sesi selama 1,5 jam.

Kadis Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr Ida Komang Upeksa menjelaskan, vaksin yang digunakan untuk vaksinasi usia 6-11 tahun adalah vaksin Sinovac. Sasaran di Kabupaten Gianyar sebanyak 40.787 anak dengan rincian laki-laki sebanyak 21.031 dan perempuan sebanyak 19.756. Sasaran tersebar di 289 SD atau madrasah di Kabupaten Gianyar.

Terpisah, Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak sesuai dengan keputusan Kementerian Kesehatan RI tentang pelaksanaan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun. Pelaksanaannya dilakukan di sekolah-sekolah mulai tanggal 15 sampai dengan 28 Desember 2021. Periode kedua setelah tanggal 28 Desember akan dilaksanakan vaksinasi susulan bagi anak yang belum divaksin pada periode pertama. Vaksin periode kedua ini dilaksanakan di seluruh puskesmas di Kabupaten Gianyar. “Pelayanan rujukan bagi anak dengan keadaan khusus akan dilayani di RSUD Sanjiwani Gianyar dan RSU Payangan,” ungkap Sekda Wisnu Wijaya saat meninjau pelaksanaan vaksin di SD N 1 Gianyar.

Demi tercapainya target vaksin, Sekda Wisnu Wijaya mengharapkan peran serta orang tua untuk memberi semangat dan motivasi kepada anak-anak untuk ikut vaksinasi. Dengan tercapainya target vaksin ini diharapkan mampu meminimalisir penyebaran Covid-19. “Hampir satu minggu tidak ada yang terkonfirmasi positif, mudah-mudahan ini clear dan hal baik terus berjalan,” harap Sekda Wisnu Wijaya. Capaian vaksin dosis pertama di Kabupaten Gianyar telah mencapai 90, 065% dan vaksin remaja mencapai 103,129%. “Vaksin remaja sudah melampaui target karena kami sasar sekolah-sekolah. Perlu ada peningkatan vaksin lansia, kami dalam proses mengejar target dan sekarang berada pada posisi 68,195% untuk lansia,” beber Sekda Wisnu Wijaya. *nvi

Komentar