nusabali

Jelang Nataru, Pencegahan Covid-19 Digencarkan

  • www.nusabali.com-jelang-nataru-pencegahan-covid-19-digencarkan

GIANYAR, NusaBali
Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, upaya pencegahan penularan Covid-19 semakin digencarkan oleh pelbagai jajaran pemerintah.

Tak terkecuali di Kabupaten Gianyar, karena memiliki banyak destinasi wisata yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Kepala Dinas Kesehatan Gianyar dr Ida Komang Upeksa mengatakan upaya dan langkah pencegahan penularan Covid-19 terus dilakukan oleh dinas bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Gianyar.  "Upaya pencegahan yang paling utama adalah penerapan prokes oleh masyarakat," ujarnya, Minggu (21/11).

Disamping itu, jelas dia, diperlukan pengawasan oleh Satgas Covid-19 di semua situasi. Utamanya pada kegiatan-kegiatan masyarakat yang melibatkan orang banyak serta objek-objek wisata. "Semua yang tergabung dalam Satgas Covid-19 terus berkoordinasi sesuai tupoksi masing-masing, tapi dengan satu tujuan yakni mencegah penyebaran Covid-19," bebernya.

Guna menekan angka Covid-19, pelaksanaan vaksinasi terhadap sasaran yang masih tercecer terus dilakukan oleh tim vaksinasi. "Sasaran yang masih tercecer menjadi target vaksinasi. Tim juga bekerjasama dengan Polri dengan melalui progran vaksinasi door to door," sambung dr Upeksa.

Disamping itu, masyarakat juga terus diimbau untuk menerapkan prokes dengan disiplin meskipun sudah divaksin sekalipun. Meskipun sudah divaksin lengkap, prokes tetap harus jadi prioritas dan jangan kendor. Jika ada keluarga, utamanya yang lansia dan penyandang disabilitas yang belum divaksin, maka segera ajak ke faskes rujukan vaksin. ‘’Rujukan ini seperti di rumah sakit umum daerah untuk mendapatkan vaksinasi," jelasnya.*nvi

Komentar