nusabali

Operasi Zebra Agung, Pelanggar Ditegur Lisan

Penekanan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

  • www.nusabali.com-operasi-zebra-agung-pelanggar-ditegur-lisan

DENPASAR, NusaBali
Para pelanggar lalu lintas yang terjaring Operasi Zebra Agung 2021 tidak ditilang melainkan diberi teguran lisan.

Seperti yang terjadi di Jalan Ratna, Denpasar yang terjaring razia, Selasa (16/11) pagi. Saat operasi, didapati pemilik mobil memalsukan plat mobilnya atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Wakasatlantas Polresta Denpasar AKP Shinta Ayu Pramesti mengatakan mobil yang dipasang plat palsu berawal dari kecurigaan petugas. Saat diperiksa ternyata plat mobil itu tidak sesuai dengan STNK.

“Kami tidak tilang. Pelanggar hanya diberi teguran. Anggota kami menyuruh pengemudi mobil itu untuk segera pulang ke rumah dan ganti dengan plat aslinya,” tutur AKP Shinta.

AKP Shinta mengatakan pelanggar itu tidak hanya diberikan teguran dan disuruh pulang tetapi juga diberikan blangko teguran. Jika nanti ditemukan membandel maka tidak ditegur lagi tetapi ditilang. “Kalau terulang lagi langsung ditilang,” ungkap AKP Shinta.

AKP Shinta mengatakan Operasi Zebra kali ini lebih pada sosialisasi pencegahan Covid-19. Pengendara yang melanggar protokol kesehatan (prokes) akan diberikan teguran. Selain itu dilakukan bagi-bagi masker dan hand sanitizer.

“Sasaran operasi kali ini adalah pengendara tak pakai masker, pelanggar lalin, pengendara yang menggunakan lampu sirine yang tidak sesuai dengan peruntukannya, pengendara tak pakai sabuk pengaman (seat belt) dan helm, dan pengendara lain yang berpotensi menyebabkan timbulnya laka lantas," tandasnya. *pol

Komentar