nusabali

Peringati HKN, 5 Desa/Kelurahan di Jembrana Terima Penghargaan

  • www.nusabali.com-peringati-hkn-5-desakelurahan-di-jembrana-terima-penghargaan

NEGARA, NusaBali
Lima desa/kelurahan di Kabupaten Jembrana menerima penghargaan dan bingkisan dari Bupati I Nengah Tamba, sehubungan capaian target 100 persen vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Penghargaan diserahkan pada Jumat (12/11) serangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 yang digelar di Stage Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno.

Lima desa/kelurahan penerima penghargaan sekaligus bingkisan adalah Kelurahan Gilimanuk, Kecamataan Melaya; Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan Jembrana; Desa Warnasari, Kecamatan Melaya; Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo; dan Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan. Selain pemberian penghargaan itu, dalam acara peringatan HKN ini juga dilaksanakan apel tim vaksinator Covid-19, pemotongan tumpeng, dan penerbangan balon. Apel tim vaksinator itu terkait kegiatan gebyar vaksinasi door to door dengan target 2.000 dosis.

Bupati Tamba menyampaikan dirinya ingin target 100 persen vaksinasi Covid-19 dosis pertama bisa segera tercapai di seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Jembrana. Begitu juga capaian 100 persen untuk vaksinasi dosis kedua.

“Saat ini baru ada lima desa/kelurahan yang telah mencapai target vaksinasi Covid-19 100 persen. Namun saya tegaskan kepada para petugas kesehatan agar lebih giat dan menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat. Sehingga dalam waktu singkat dan cepat semua desa dan kelurahan di Jembrana vaksinasi tahap pertama itu 100 persen,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba berharap rantai penyebaran dan penularan Covid-19 dapat segera diputus. Salah satunya dengan vaksinasi Covid-19. “Hanya satu harapan kita yakni mata rantai penyebaran Covid-19 dapat diputus. Untuk itu saya minta bagi desa-desa dan kelurahan lainnya yang belum mencapai target 100 persen untuk tahap pertama ini agar lebih gencar melakukan vaksinasi,” kata Bupati Tamba.

Sementara Kadis Kesehatan Jembrana dr I Gusti Ketut Oka Parwata, mengatakan berdasar data per Kamis (11/11), vaksinasi dosis pertama se-Kabupaten Jembrana sudah mencapai 97,42 persen (224.709 orang dari jumlah sasaran 230.654 orang). Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua tercapai 76,69 persen (176.886 orang).

Terkait dengan gebyar vaksinasi door to door dengan target 2.000 dosis (Gesido2K), ditargetkan tuntas dalam sehari. Dalam pelaksanaan Gesindo2K dikerahkan sebanyak 40 tim vaksinasitor, tiap-tiap tim beranggota 3-4 orang petugas kesehatan yang turun langsung ke rumah-rumah warga. Untuk lokasi sasarannya difokuskan ke desa/kelurahan dengan capaian vaksinasi yang tergolong masih rendah. “Sebanyak 2.000 dosis vaksin kita targetkan selesai dalam sehari. Kami lakukan vaksinasi bagi warga yang baru mendapatkan vaksinasi tahap pertama, juga untuk vaksinasi tahap kedua,” kata Oka Parwata. *ode

Komentar