nusabali

Hujan Hampir Seharian, Pohon Tumbang Timpa Dapur

  • www.nusabali.com-hujan-hampir-seharian-pohon-tumbang-timpa-dapur

NEGARA, NusaBali
Hujan mengguyur hampir seharian sejak Rabu (10/11) malam - Kamis (11/11) siang, memicu sejumlah bencana di Jembrana.

Selain adanya laporan rumah warga yang kebanjiran, juga sebuah pohon tumbang menimpa bangunan dapur warga di Banjar Tengah, Desa Yeh Kuning, Kecamatan Jembrana, Jembrana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana mengatakan, ada 3 laporan bencana yang diterima pada Kamis kemarin. Di antaranya, adanya laporan dua rumah warga di dekat kuburan Cina di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, yang tergenang air hujan.

"Itu tergenang air hujan. Memang di sana itu termasuk rawan banjir. Setelah menerima laporan, tadi kita juga sudah langsung terjunkan anggota untuk menangani genangan air itu, sudah disedot. Kita bawakan alat penyedotan air," ujar Agus Artana.

Musibah lainnya, kata Agus, ada laporan musibah sebuah pohon di pekarangan salah satu rumah warga Banjar Tengah, Desa Yeh Kuning, Kecamatan Jembrana, Jembrana pada Kamis sekitar pukul 09.45 Wita. Tidak ada korban dalam bencana tersebut. Namun tumbangnya pohon dengan tinggi sekitar 12 meter itu, tepat menimpa sebuah bangunan dapur semi permenen dan menyebabka keruskaan ringan. "Kena bangunan dapur. Diperkirakan kerugian sekitar Rp 2,5 juta," ucapnya.

Terkait bencana pohon tumbang itu, sambung Agus, juga sudah ditindaklanjuti anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jembrana. Petugas membantu meberishkan pohon tersebut dengan membawa chainsaw. "Tadi sudah dibersihkan. Anggota turun melakukan pembersihan dari pukul 10.00 Wita sampai sekitar pukul 12.00 Wita," ujar Agus Artana.

Sementar laporan ketiga, sambung Agus Artana, juga ada laporan robohnya senderan  sungai di belakang bekas Kantor Lurah Loloan Barat, Kecamatan Negara. Robohnya senderan sekitar sepanjang 20 meter itu, diduga karena tergerus banjir di sungai setempat.

"Secara umum tidak ada laporan banjir yang besar. Tetapi kita juga harapkan warga tetap waspada di musim hujan ini. Termasuk kalau ada pohon-pohon besar yang tampak sudah rapuh di pekarangan ataupun dekat perumahan, kami harapkan bisa diantisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.*ode

Komentar