nusabali

Calon Penerima Dana Stimulus 11.247 UMKM

Masih Perlu Verifikasi Lapangan Memastikan Masih Aktif atau Tidak

  • www.nusabali.com-calon-penerima-dana-stimulus-11247-umkm

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung bersama Dinas Komunikasi dan Informasi Badung, sudah menyelesaikan cleansing data jumlah UMKM calon penerima dana stimulus.

Jumlahnya mencapai 11.247 UMKM. Namun, angka tersebut masih akan diverifikasi lagi langsung oleh kelian dinas dan kepala lingkungan. Dana stimulus yang akan diberikan kepada para pelaku UMKM di Gumi Keris merupakan salah satu program Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, guna membantu pelaku UMKM yang terdampak langsung pandemi Covid-19. Calon penerima bantuan sudah melalui cleansing data yang dilakukan oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung bersama Dinas Komunikasi dan Informasi Badung.

“Hasil cleansing total ada 11.247 UMKM. Data ini dari UMKM usulan kita yang belum mendapatkan bantuan pusat, serta UMKM usulan baru dari pihak desa dan kelurahan,” ujar Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung I Made Widiana, Rabu (3/11).

Akan tetapi, kata Widiana, 11.247 UMKM ini masih membutuhkan verifikasi lanjutan di lapangan. Verifikasi lapangan nantinya akan dilakukan oleh kelian dinas maupun kepala lingkungan untuk mengecek keberadaan UMKM tersebut. “Apakah UMKM itu masih aktif atau tidak? Harus dilakukan pengecekan ke lapangan. Setelah datanya final, selanjutnya berkoordinasi dengan BPD Bali untuk pencairan,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, calon penerima stimulus di antaranya pelaku UMKM yang bergerak di sektor kuliner, handycraft, jasa, peternakan, dan perdagangan. Disinggung soal nominal dana stimulus, Widiana mengaku masih menunggu keputusan pimpinan. Namun, kata dia, jika merujuk bantuan pusat sebesar Rp 1,2 juta yang diterima setiap UMKM.

Sebelumnya Bupati Giri Prasta menyebut pemberian dana stimulus kepada UMKM ini sangat tepat di tengah terkontraksinya perekonomian Badung selama pandemi Covid-19. Dana stimulus ini diharapkan juga bisa menjadi upaya pemulihan ekonomi masyarakat, sehingga para pelaku UMKM bisa memanfaatkan bantuan tersebut.

Selain dana stimulus untuk UMKM, selama masa pandemi ini Bupati Giri Prasta juga berupaya mengeluarkan kebijakan strategis untuk masyarakat Badung. Sebelum memberikan dana stimulus UMKM, Bupati Giri Prasta juga telah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga Badung yang terdampak pandemi. “Intinya, jangan lihat besar kecilnya. Tetapi ini upaya kami yang harus mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan bangga kepada masyarakat Badung,” kata Bupati Giri Prasta. *ind

Komentar