nusabali

Antisipasi Penimbunan, TPID Cek Pasar

  • www.nusabali.com-antisipasi-penimbunan-tpid-cek-pasar

BANGLI, Nusabali
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan pengawasan di Pasar Kayuambua Kecamatan Susut, Bangli, Senin (1/11).

Pengawasan untuk memastikan tidak ada upaya penimbunan komoditas tertentu. Kegiatan serupa juga akan menyasar pasar-pasar lainnya di Kabupaten Bangli.

Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan menjelaskan, menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, TPID Bangli melakukan pengawasan di pasar. Tujuannya mengantisipasi terjadinya lonjakan harga khususnya sembako. Selain itu untuk menjaga stok sembako serta antisipasi penyelewengan dalam pendistribusiannya. TPID merupakan tim gabungan dari Pemkab Bangli dan Polres Bangli mengawali menyasar Pasar Kayuambua. “Beberapa hari ke depan akan melaksanakan pengawasan di pasar laiannya,” ungkap AKBP Dhana Aryawan.

Perwira kelahiran Mataram ini mengatakan, buat sementara hasil pengawasan untuk sembako masih memadai. Beberapa jenis barang mengalami kenaikan harga. Kapolres mewanti-wanti jangan sampai ada yang melakukan penimbunan. Bagi oknum yang melanggar akan diproses secara tegas. “Bisa disangkakan UU Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. Dipidana maksimal 5 tahun,” jelas AKBP Dhana Aryawan. Kepolisian akan melakukan pangawasan dan pemeriksaan di gudang-gudang penyimpanan kebutuhan pokok. *esa

Komentar