nusabali

Bawaslu Se Bali Gotong-royong Bantu Korban Gempa

  • www.nusabali.com-bawaslu-se-bali-gotong-royong-bantu-korban-gempa

AMLAPURA, NusaBali
Ketua Bawaslu Bali, I Ketut Ariyani, beserta pimpinan Bawaslu Karangasem, Bawaslu Gianyar, Bawaslu Klungkung dan Bawaslu Buleleng turun ke Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Jumat (22/10) siang.

Jajaran Bawaslu Bali dan kabupaten yang dikomando Ariyani ini untuk gelontor bantuan kepada para korban gempa yang melanda Desa Ban, Sabtu (16/10) dinihari lalu. Gempa bermagnitude 4,8 yang menghancurkan ratusan rumah warga dan menyebabkan satu orang warga Desa Ban, Karangasem meninggal dunia ini dalam penanganan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali dan BPBD Karangasem.

Saat di lokasi, Ariani yang juga sebagai Kordiv Organisasi dan SDM Bawaslu Bali ini mengatakan Bawaslu Bali menggalang dana berupa sumbangan sukarela dari jajaran Bawaslu Bali dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali sebagai bentuk tali kasih terhadap masyarakat yang terdampak bencana, khususnya di Desa Ban Karangasem. “Semoga bantuan yang kami berikan bermanfaat kepada korban yang terdampak gempa ini, dan kami berharap apa yang kami berikan ini dapat terdistribusi dengan baik,” beber Ariani.

Sementara Ketua Bawaslu Karangasem, I Putu Gede Suastrawan, mengatakan Bawaslu Karangasem sudah berkoodinasi dengan Perbekel Desa Ban, I Gede Tamu Sugiantara, terkait kebutuhan yang diperlukan korban gempa tersebut. “Hasil koordinasi yang kami lakukan dengan Perbekel Desa Ban, yaitu korban memerlukan tandon air karena banyak penampungan air warga yang pecah dan retak pasca gempa tersebut," ujar Suastrawan.

Selain itu, kata Suastrawan korban yang kehilangan rumah karena roboh saat gempa memerlukan alas atau tempat untuk tidur di tempat pengungsian. "Sehingga bantuan dari penggalangan dana tersebut kami belikan tandon air, kasur, bantal, terpal dan juga kami sisihkan uang tunai untuk keluarga korban yang meninggal dunia,” jelas Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Karangasem tersebut.

Perbekel Sugiantara, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bawaslu Bali dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali kepada korban bencana di Desa Ban. "Semoga bantuan dari Bawaslu Bali dapat meringankan beban korban pasca gempa," ujar Sugiantara. Sementara di Kabupaten Bangli, Bawaslu Bangli, Bawaslu Gianyar dan Bawaslu Klungkung membawa paket sembako untuk korban gempa di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Bantuan diserahkan di Posko Dermaga Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. "Bantuan ini merupakan urunan dari Bawaslu Bali serta Bawaslu Kabupaten/Kota yang kami berikan dalam sembako, sebagai wujud kepedulian dengan sesama dan aksi kemanusiaan dalam situasi bencana," ujar Ketua Bawaslu Bangli I Nengah Purna saat penyerahan sembako. *nat

Komentar