nusabali

Cegah Klaster Upacara Agama, Bhabinkamtibmas Desa Kelusa Koordinasi Pelaksanaan Ngaben

  • www.nusabali.com-cegah-klaster-upacara-agama-bhabinkamtibmas-desa-kelusa-koordinasi-pelaksanaan-ngaben

GIANYAR, NusaBali.com – Polsek Payangan melalui Bhabinkamtibmas Desa Kelusa Aiptu I Wayan Muriana, melaksanakan koordinasi terkait rencana kegiatan ngaben yang akan dilaksanakan oleh warga Banjar Yeh tengah, Desa Kelusa, Kecamatan Payangan, Jumat  (8/10/2021).

Koordinasi H-1, Kamis (7/10/2021) tersebut dilaksanakan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dapat dilaksanakan dengan baik ketika dilaksanakannya kegiatan upacara ngaben pada saat hari pelaksanaannya, demi mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 dan mencegah timbulnya klaster upacara agama.

Koordinasi pun dilaksanakan bersama Kanit IK Polsek Payangan Iptu I Putu Gede Agung Ariawan di rumah warga yang akan melaksanakan kegiatan ngaben secara perorangan atau pribadi di Banjar Yehtengah. “Kami melaksanakan penggalangan dan koordinasi terhadap Prajuru Adat dan Dinas Yehtengah terkait giat pelaksanaan upacara Pitra Yadnya Ngaben pribadi almarhum Ni Gusti Made Munik (87), alamat Banjar Yehtengah, Desa Kelusa, Kecamatan Payangan yang akan dilaksanakan pada hari Jumat 8 Oktober 2021 mulai pukul 11.30 Wita di setra (kuburan) Banjar Yehtengah,” ujar Aiptu I Wayan Muriana.

Adapun hasil koordinasi yang telah terlaksana bahwa kegiatan ngaben hanya akan diikuti oleh pihak keluarga, Prajuru Adat dan Dinas Yehtengah, serta beberapa perwakilan krama adat Yehtengah. Lebih lanjut, Kelihan Adat Yehtengah Cok Gede Agung menyatakan bahwa telah mengimbau kepada keluarga almarhum terkait agar mematuhi prokes di masa pandemi, selama kegiatan tahapan ngaben ngaben berlangsung.

“Dalam perjalanan menuju setra akan diawasi ketat oleh pecalang adat Yehtengah guna mengawasi penerapan prokes serta mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan,” tegasnya..

Kemudian Kadus Yehtengah I Wayan Mandiarta guna mengintensifkan pengamanan kegiatan upacara ngaben tersebut, terutama agar terciptanya keamanan dalam hal ini terjaganya kesehatan bersama di wilayah Banjar Yehtengah, ia memohon bantuan pengamanan dari personel Polsek Payangan. “Dan juga seluruh lapisan masyarakat lainnya, agar turut mengawasi jalannya kegiatan upacara ngaben tersebut,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, menyampaikan bahwa masyarakat diharapkan selalu dapat menaati protokol kesehatan dengan ketat, baik pada saat kegiatan upacara keagamaan, ataupun dalam aktivitas sehari hari. “Mari bersama-sama kita mematuhi protokol kesehatan, agar pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir,” harap Kapolres Gianyar. *rma

Komentar