nusabali

KPU Gianyar Study Komparasi ke Karangasem

Gali Pengalaman Gelar Pilkada saat Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-kpu-gianyar-study-komparasi-ke-karangasem

AMLAPURA, NusaBali
KPU Gianyar dipimpin Ketua Putu Agus Tirta Suguna menggelar study komparasi ke KPU Karangasem, terkait pelaksanaan Pilkada Karangasem 2020 di masa pandemi Covid-19, bisa berjalan tanpa hambatan.

Sebab di Gianyar rencananya menggelar Pilkada Gianyar 2024. Ketua KPU Karangasem Ngurah Gede Maharjana yang menerima rombongan KPU Gianyar langsung berbagi pengalaman di ruang rapat KPU Karangasem Jalan Bhayangkara Amlapura, Rabu (8/9) sekitar pukul 10.00 Wita.

Dalam pertemuan itu, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Karangasem Putu Deasy Natalia, banyak memaparkan inovasi yang dilakukan KPU Karangasem selama tahapan Pilkada Karangasem 2020.

Deasy Natalia memaparkan, selama tahapan Pilkada Karangasem 2020, membentuk relawan demokrasi, relawan itu lebih banyak melakukan inovasi dengan membuat video menyangkut sosialisasi pelaksanaan Pilkada Karangasem. Inovasi itu digunakan untuk mengedukasi masyarakat, mengenai berdemokrasi yang baik dan benar, juga diingatkan agar menjadi calon pemilih yang bermartabat, tidak tergiur politik pragmatis.

Lantaran masih pandemi Covid-19, maka KPU kesulitan bertatap muka dengan masyarakat, sehingga lebih banyak memberdayakan relawan demokrasi.

“Kami sering minta masukan dari relawan demokrasi, sehingga benar-benar bersinergi,” kata Deasy Natalia, mantan Ketua PPK Kecamatan Sidemen.

Relawan demokrasi itu sering turun ke lapangan ke delapan kecamatan memberitahukan tentang tahapan Pilkada Karangasem, agar masyarakat memastikan telah terdaftar sebagai calon pemilih. Relawan itu pula yang selalu berkoordinasi dengan petugas PPK (panitia pemilihan kecamatan) yang merupakan perpanjangan tangan KPU, sehingga PPK dan KPU terbantu atas adanya relawan demokrasi.

KPU sendiri melaksanakan sosialisasi lebih banyak daring, sesekali melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah.

Ketua KPU Karangasem Ngurah Gede Maharjana menambahkan, tahapan Pilkada Karangasem juga disertai mengajak masyarakat mengurangi sampah plastik, kurangi spanduk berbahan styrofoam, dan berbahan plastik, juga diimbangi menggelar green election (penghijauan).

“Jadi KPU bukan saja menuntaskan tahapan Pilkada Karangasem, juga melakukan inovasi yang berguna buat masyarakat,” kata Ngurah Gede Maharjana. Hadir juga di pertemuan tersebut, Divisi Keuangan dan Umum dan Logistik KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana.

Ketua KPU Gianyar Putu Agus Suguna mengapresiasi inovasi yang dilakukan KPU Karangasem di tengah pandemi Covid-19. Bahkan bisa menggelar tahapan Pilkada Karangasem dengan lancar. “Kami tertarik dengan terbentuknya relawan demokrasi di Karangasem yang membantu setiap tahapan pelaksanaan pilkada,” kata Agus Suguna. *k16

Komentar