nusabali

H-2 Penutupan Baru Satu Pejabat Daftar Calon Sekda Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-h-2-penutupan-baru-satu-pejabat-daftar-calon-sekda-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Pendaftaran untuk seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Denpasar akan berakhir pada, Kamis (9/9) besok.

Namun hingga, Selasa (7/9) baru satu data pelamar yang masuk sebagai calon Sekda Kota Denpasar.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar, I Wayan Sudiana saat dihubungi, Selasa kemarin. Dia mengatakan kendati akhir pendaftaran sudah H-2, pendaftar yang masuk baru satu orang. Satu pendaftar pertama tersebut merupakan pegawai Pemkot Denpasar.

Namun Sudiana enggan membuka identitas siapa yang menjadi pendaftar pertama tersebut. Sebab untuk proses pendaftaran masih bersifat rahasia. “Yang mendaftar sampai hari ini (kemarin) baru satu orang, di mana yang bersangkutan adalah pejabat di Pemkot Denpasar. Ini sifatnya rahasia, jadi belum bisa disebut namanya,” imbuhnya.

Sudiana menyebutkan, masih ada waktu hingga tanggal 9 September 2021 untuk pendaftaran. Kemungkinan, pendaftar akan mulai masuk, Rabu (8/9) hari ini atau pada hari terakhir pendaftaran nanti. Kemungkinan pendaftar masih mengumpulkan berkas yang diperlukan. "Masih ada waktu dua hari, kita tunggu biasanya pendaftar ini kebanyakan menunggu saat detik-detik terakhir," ungkapnya.

Sudiana mengatakan, untuk bisa ikut dalam seleksi ini, pelamar harus berstatus sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali/Pemerintah Kota/Kabupaten se-Provinsi Bali yang memiliki Pangkat/Golongan sekurang-kurangnya Pembina Tk I (IV/b). Pendidikan minimal Diploma (D/IV) atau Sarjana (S1), memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling sedikit selama 5 tahun, serta sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II b) atau JF jenjang Ahli Madya paling singkat 2 tahun.

“Juga berusia maksimal 56 tahun pada saat pelantikan dan pelamar wajib mendapatkan rekomendasi dari pejabat pembina kepegawaian instansinya,” ujarnya. Sudiana mengatakan pendaftaran sudah dimulai pada Jumat, 3 September lalu dan berakhir Kamis, 9 September 2021 secara online. Lamaran dan kelengkapan administrasi ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Sekretaris Daerah) pada Pemerintah Kota Denpasar dalam bentuk Pdf melalui link http://bit.ly/SelterSekdaDenpasar2021.

Adapun tahapan seleksi dimulai dari seleksi administrasi di mana berkas administrasi akan diverifikasi oleh Panitia Seleksi sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Jika lolos seleksi administrasi pelamar akan mengikuti penilaian rekam jejak. Selanjutnya peserta akan mengikuti seleksi kompetensi berupa Kompetensi Manajerial menggunakan metode Assessment, Kompetensi Bidang menggunakan metode penulisan makalah.

Setelah lolos seleksi kompetensi dilanjutkan dengan presentasi makalah dan wawancara. Nantinya pada 21 September, Walikota Denpasar selaku PPK akan mengajukan 3 nama calon hasil seleksi ke KASN untuk mendapat persetujuan.

Setelah mendapat persetujuan KASN terkait proses seleksi barulah dilakukan penetapan dan pelantikan oleh PPK. Untuk diketahui, saat ini ada 12 pejabat eselon II di Kota Denpasar yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti lelang terbuka Jabatan Sekretaris Daerah. Di antaranya Kadis PMD Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Staf Ahli Sekda Kota Denpasar AA Ngurah Airawata, Kadis Kominfo Kota Denpasar Dewa Made Agung, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Denpasar I Gusti Ngurah Eddy Mulya, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar AA Bayu Bramasta.

Juga Kadisdukcapil Kota Denpasar Dewa Gde Juli Artha Berata, Kadishub Kota Denpasar Ketut Sriawan, Kadisperindag Kota Denpasar Nyoman Sri Utari, Kadis DPMPTSP Kota Denpasar IB Beny Pidada Rurus, Kepala Bappeda Kota Denpasar Putu Wisnu Wijaya, Kepala BPKAD Kota Denpasar Made Pasek Mandira dan Kepala BPBD Kota Denpasar IB Joni Ariwibawa. *mis

Komentar