nusabali

Ratusan Kios di Besakih Dibongkar

  • www.nusabali.com-ratusan-kios-di-besakih-dibongkar

AMLAPURA, NusaBali
Ratusan kios di jaba Pura Manik Mas Pura Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem mulai dibongkar, Jumat (20/8).

Pembongkaran kios untuk memperlancar penataan Kawasan Suci Pura Besakih. Nantinya kios-kios dibangun ulang di tempat yang lebih strategis. Pembongkaran ratusan kios diawali di Terminal Pura Manik Mas Besakih.

Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, mengungkapkan 358 kios akan dibangun di bancingah agung di lahan seluas 7.587 meter persegi. Sebanyak 196 kios dengan ukuran 4 meter x 6 meter dan 162 kios ukuran 2,5 meter x 3 meter. Satu komplek dengan gedung parker akan dibangun 18 kios ukuran 4 meter x 6 meter dan 12 kios ukuran 2,5 meter x 3 meter. Pembangunan kios dengan biaya dari APBN 2021 dan APBN 2022, satu paket dengan pembangunan parkir empat lantai, kawasan permukiman, bale pasandekan seluas 543,6 meter persegi dengan anggaran Rp 508,16 miliar.

Jro Mangku Widiartha menambahkan, kios dibangun satu paket dengan 113 bilik toilet. Seluruh pembangunan di palemahan Pura Besakih terpusat di jaba Pura Manik Mas Besakih. Khusus untuk pedagang semuanya dijamin dapat fasilitas yang aman, nyaman, dan memadai. Kunjungan wisatawan dan pamedek ke Pura Besakih sejak 1,5 tahun terakhir sepi. Sehingga rekanan yang mengerjakan sejumlah paket pekerjaan penataan Kawasan Suci Pura Besakih lebih leluasa karena tidak ada aktivitas pariwisata. *k16

Komentar