nusabali

Polsek Negara Vaksinasi Warga Disabilitas secara Door to Door

  • www.nusabali.com-polsek-negara-vaksinasi-warga-disabilitas-secara-door-to-door

NEGARA, NusaBali
Polsek Negara bersama tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Negara membuat inovasi layanan vaksinasi secara door to door guna memaksimalkan vaksinasi Covid-19.

Layanan vaksinasi dengan mendatangi langsung rumah warga ini, terutama menyasar warga penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia) yang tidak bisa hadir ke tempat layanan vaksinasi.

Kapolsek Negara AKP Gusti Made Sudarma Putra, mengatakan vaksinasi door to door ini rutin dilaksanakan kepada warga lansia maupun penyandang disabilitas. Di mana, warga penyandang disabilitas maupun lansia yang ingin divaksin namun tidak bisa hadir ke tempat layanan vaksinasi itu, tidak dijemput petugas. Tetapi petugas langsung datang untuk memberi layanan vaksinasi di rumah mereka.

Seperti yang sempat dilaksanakan beberapa waktu lalu di Lingkungan Anyarsari, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara. Ada dua orang warga yang didatangi langsung Kapolsek bersama tim vaksinator Puskesmas 1 Negara untuk diberikan layanan vaksinasi di rumah mereka. Kedua warga tersebut adalah penyandang disabilitas, Wiwin Sulaiwin, 38, dan lansia Moh Yakun, 80.

“Ini kami lakukan untuk memaksimalkan vaksinasi. Jadi kalau ada warga yang tidak bisa hadir dikarenakan keterbatasan fisik, kami laksanakan vaksinasi secara door to door,” ucap AKP Sudarma Putra, Selasa (10/8).

AKP Sudarma Putra mengatakan, jika ada warga yang mengalami keterbatasan fisik sehingga tidak bisa datang ke puskesmas atau tempat gebyar vaksinasi, bisa disampaikan ke pihak desa atau Bhabinkamtibmas. Nantinya pihaknya akan siap memfasilitasi dan berkoordinasi dengan tim vaksinator untuk memberikan layanan vaksinasi door to door. “Ini juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, dan kami berusaha maksimal untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity),” ujarnya.

Di samping menyediakan layanan vaksinasi door to door itu, AKP Sudarma Putra mengatakan, juga terus berusaha mengedukasi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi. Dengan melakukan dua hal tersebut, diharapkan pandemi Covid-19 dapat segera mereda. *ode

Komentar