nusabali

Pasar Masih Rentan Picu Penularan Covid-19

  • www.nusabali.com-pasar-masih-rentan-picu-penularan-covid-19

SEMARAPURA, NusaBali
Pasar selama ini masih menjadi lokasi rentan memicu penularan Covid-19. Karena, lokasi transaksi pelbagai jenis barang dagangan ini amat sulit terhindar dari kerumunan yang selama ini jadi pemicu utama penularan pandemi.

Kondisi itu dapat diamati dari beberapa kali aparat dan komponen terkait terjun ke pasar. Tujuannya, mengimbau agar warga taat prokes hingga bagi-bagi masker gratis kepada padagang dan pengunjung pasar.

Upaya itu, antara lain dilakukan Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, didampingi Wakapolres Klungkung Kompol Luh Ketut Amy Ramayathi Prakasa, membagikan masker secara gratis di Pasar Galiran Klungkung, Minggu (8/8). Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami prihatin karena di Kabupaten Klungkung ini masih termasuk dalam PPKM Level 4," ujar AKBP Dhanuardana.

Jelas Kapolres, pihaknya harus bersama-sama dengan instansi terkait bergandengan tangan berperan aktif untuk memutus penyebaran Covid-19. "Penggunaan masker merupakan hal yang dapat menyelamatkan warga dari serangan Covid-19," sebut AKBP Dhanuardana.

Kapolres Dhanuardana juga menerjunkan personel ke tempat keramamaian untuk menyosialisasikan, dan mengingatkan pentingnya penggunaan masker dan disiplin protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat. “Kami juga mengkampanyekan tentang  protokol kesehatan dengan selalu memperhatikan 5 M, menggunakan masker dengan benar, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, menjaga jarak, menjauahi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” ujar AKBP Dhanuardana.

Sehari sebelumnya, Wakapolres Klungkung Kompol Luh Ketut Amy Ramayathi Prakasa, bersama dengan Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Gd Md Surya Atmaja, turun ke pasar Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Sabtu (7/8) pagi. Dalam kesempatan itu Kompol Amy menekankan kepada pedagang dan pengunjung pasar untuk taat menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kompol Amy juga bagi-bagi masker kepada pedagang dan pengunjung pasar. "Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar selalu menggunakan masker guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19,” ujar Kompol Amy. *wan

Komentar