nusabali

Warga Isoman Diarahkan Isolasi Terpusat

  • www.nusabali.com-warga-isoman-diarahkan-isolasi-terpusat

Satu keluarga beranggota 7 orang di Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, 3 orang di antaranya positif Covid-19 diarahkan untuk isolasi terpusat.

NEGARA, NusaBali

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Negara, Jembrana memberikan atensi terhadap warga positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Warga yang menjalani isoman, terlebih diketahui tidak disiplin dalam menjalani isoman di rumahnya, diminta petugas untuk menjalani isolasi terpusat yang disediakan pemerintah.

Seperti dilaksanakan di Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Jumat (6/8) pagi. Kapolsek Negara AKP I Gusti Made Sudarma Putra, bersama Camat Negara I Wayan Andy Suka Anjasmara, Danramil Negara Kapten Chb Kariyanto, dan Lurah Lelateng Gede Wiriyana Prabawa, mendatangi rumah salah satu warga yang beberapa anggota keluarganya positif Covid-19 dan menjalani isoman di rumah.

Di rumah salah satu keluarga yang dihuni 7 orang ini, tepatnya ada 3 orang yang positif Covid-19. Dari 3 orang yang positif Covid-19 itu, 1 orang telah lebih dulu menjalani isolasi terpusat, dan 2 orang lainnya menjalani isoman di rumah. Namun dari pemantauan di lapangan, kedua warga yang sempat bersikukuh menjalani isoman itu, diketahui sempat ke luar rumah. Ketidakdisiplinan kedua warga itu dikhawatirkan memperluas penyebaran Covid-19, sehingga diminta agar menjalani isolasi terpusat.

Kapolsek Negara AKP I Gusti Made Sudarma Putra, mengatakan kedua anggota keluarga positif Covid-19 yang sebelumnya menjalani isoman itu, sudah bersedia mengikuti arahan petugas, menjalani isolasi terpusat di Hotel Jimbarwana. Sedangkan empat anggota keluarganya yang belum menjalani tes swab PCR, sementara tetap diminta menjalani isoman di rumah dan dijadwalkan menjalani tes swab PCR, Sabtu (7/8). “Yang empat orang besok (hari ini) akan diswab. Di gerbang rumah keluarga itu juga sudah kami pasang stiker isolasi mandiri, sehingga warga lainnya bisa menjaga jarak,” ucap AKP Sudarma Putra.

AKP Sudarma Putra mengatakan, warga yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, diharapkan menjalani isolasi secara disiplin. Dengan menjalani isolasi terpusat, tentunya akan mempermudah pengawasan sehingga pelaksanaan isolasi dapat berjalan dengan baik. Hal itu juga akan jauh lebih efektif untuk mengantisipasi risiko penyebaran ke keluarga maupun lingkungan sekitar. “Apalagi untuk tempat isolasi terpusat masih tersedia. Mari kita sama-sama berjuang agar penyebaran Covid-19 tidak semakin parah,” ujar AKP Sudarma Putra. *ode

Komentar