nusabali

Sakit-sakitan dan Rumahnya Tak Layak Huni

  • www.nusabali.com-sakit-sakitan-dan-rumahnya-tak-layak-huni

Kondisi keluarga pasangan suami istri I Ketut Kleser,85, - Ni Ketut Beret,80, di Dusun Buayang, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung, cukup memprihatinkan.

Pasutri Lansia di Gunaksa Memprihatinkan


SEMARAPURA, NusaBali
Mereka tinggal pada sebuah rumah tidak layak huni. Pantauan NusaBali, Kamis (18/1) pagi, rumahnya dalam kondisi rusak dan kotor tak terawat serta tanpa dilengkapi perabotan rumah tangga. Bangunannya yang difungsikan sebagai dapur juga rusak akibat tertimpa pohon jaka, Minggu (14/1). Tidak ada korban pada kejadian itu, namun bangunan dapur pasangan lansia ini hancur dan tidak dapat dipergunakan lagi.

Kondisi kesehatan pasangan lansia ini pun tampak kurang mendapat perhatian. I Ketut Kleser dengan pakaian seadanya mengalami kesulitan untuk berdiri. Untuk berpindah tempat, dia hanya menyeret pantat dan kedua kaki tanpa bisa berdiri. Sedangkan Ni Ketut Beret sebelumnya sempat mengalami gangguan jiwa. Karena keterbatasan biaya, proses pengobatannya berhenti. Selama ini mereka dirawat oleh anaknya yang tinggal dekat dengan rumahnya.

Mendengar kondisi tersebut, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung I Made Kasta yang juga Wakil Bupati Klungkung, menyerahkan bantuan logistik sembako kepada lansia miskin itu, Kamis (18/1) pagi. Made Kasta mengimbau perangkat desa yang turut hadir supaya senantiasa turun ke lapangan memantau, melaporkan warganya yang membutuhkan bantuan atau sekadar membuatkan proposal supaya bisa diberikan bantuan berupa bedah rumah dari pemerintah. “Kondisi pasangan lansia ini memprihatinkan, tempat tinggal mereka juga benar benar tidak layak, mereka harus mendapat perhatian dan bantuan semua pihak. Tolong segera buatkan proposal dan diajukan ke Pemkab sehingga kami bisa langsung tindaklanjuti,” ujar Kasta.

Kata dia, kehadiran PMI Klungkung dengan membawa bantuan berupa logistik sembako merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah kepada warga kurang mampu. Bantuan ini diharapkan dapat mengurangi beban dan menunjang kebutuhan pokok warga ini.

Ni Ketut Beret nampak sumringah menerima kehadiran Wabup Kasta bersama rombongan PMI Klungkung yang membawa bantuan logistik sembako. Dirinya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan seluruh bantuan yang telah diterimanya.*wan

Komentar