nusabali

KPU Tabanan Temukan Data Ganda Parpol

  • www.nusabali.com-kpu-tabanan-temukan-data-ganda-parpol

Verifikasi administrasi keanggotaan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 sedang berlangsung saat ini.

TABANAN, NusaBali

Di tengah proses verifikasi ini, KPU Tabanan temukan ada data ganda ekternal dan internal. Sekitar 100 lebih data tersebut ditemukan ganda, sehingga konsekuensinya harus dilakukan penggantian KTA (kartu tanda anggota).

Komisioner KPU Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa seizin Ketua KPU Tabanan, Luh Dara Yoni menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan dari data yang diserahkan oleh masing-masing partai politik dengan data Sipol dari pusat, ditemukan ratusan data ganda eksteral dan internal. "Kami melakukan verfikasi faktual ke lapangan," ujar Subawa, Selasa (14/11).

Dikatakan data ganda ekternal dimaksud, salah satu pendukung dari partai tersebut namanya tercantum di dua partai. Sementara data ganda internal satu orang pendukung KTP-nya masuk 3 lembar di satu parpol. "Cara mengatasi untuk yang ganda internal kami coret saja sisakan satu, hanya ganda ekternal harus cek lapangan," jelas Weda. Lanjutnya, untuk yang ganda ekternal ini setelah dicek ke lapangan kemudian diverifikasi kembali.

Disarankan pendukung tersebut memilih salah satunya. Ada juga yang tidak memilih tetapi itu diperbolehkan. Karena itu hak mereka. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut, konsekuensinya masing-masing Parpol harus memenuhi kekurangan tersebut dengan cara diganti kembali. Karena hampir semua Parpol mempunyai permasalahan yang sama. "Setiap adanya pesta demokrasi, pasti ada saja ganda eksternal dan internal disemua partai," beber Weda.

KPU Tabanan akan mengumpulkan Parpol di Buleleng pada 16 November 2017 di Hotel Sinta Tanah Lot Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan. Di mana untuk mengumunkan hasil verifiksi faktual tersebut untuk dilakukan penggantian kembali. "Untuk verifikasi faktual ini kami sudah lakukan 5 kali," tandas Weda. *d

Komentar