nusabali

Hanoman dan Baleganjur Ramaikan KPU Denpasar

  • www.nusabali.com-hanoman-dan-baleganjur-ramaikan-kpu-denpasar

H-1 jelang penutupan masa pendaftaran partai politik (Parpol), Senin (16/10) hari ini, sebanyak 4 parpol di Kota Denpasar, yakni Partai Gerindra, Hanura, Golkar dan PKS mendaftar ke KPU Kota Denpasar, Minggu (15/10).

Gerindra, Golkar, Hanura dan PKS Daftar Pemilu 2019

DENPASAR, NusaBali
Penyerahan berkas verifikasi parpol untuk menjadi peserta Pemilu 2019 ini pun berlangsung semarak. Selain diiringi massa simpatisan dan kader, parpol juga tampilkan atraksi budaya. Seperti Gerindra dan Hanura yang dikawal tokoh pewayangan Hanoman. Sedangkan Golkar diiringi 4 barung baleganjur. 

Penyerahan berkas berupa kartu tanda anggota (KTA) dan e-KTP empat parpol oleh masing-masing ketua DPC ini diterima langsung Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Dharmawan. Dari masing-masing partai jumlah KTA dan e-KTP yang disetorkan, yakni PKS dengan jumlah 776, Hanura 696 KTA dan KTP, Gerindra 773 KTA dan KTP, dan Golkar sebanyak 1.098  KTA dan KTP. Berkas empat parpol ini dinyatakan lengkap sesuai dengan data Sipol.

Ketua DPC Partai Hanura Kota Denpasar, I Made Kartika mengatakan penyerahan berkas kali ini dilakukan dengan melakukan parade seni dan budaya yang melibatkan sekitar 150 orang semua mengenakan pakaian adat Bali dan juga diiringi baleganjur dan pementasan Hanoman sebagai lambang satu Komando. 

"Kita setting bernuansa budaya. Ini melambangkan Kota Denpasar yang kaya dengan adat, seni dan budaya," kata Kartika. Tak kalah meriah, seribuan massa yang mengiringi berpakaian adat serba putih turut mengantarkan pendaftaran Partai Gerindra sebagai peserta Pemilu 2018  di KPU Kota Denpasar, kemarin.

Dengan diiringi tabuh Baleganjur dan tarian Hanoman, massa yang terdiri kader dan pengurus DPC dan PAC se Kota Denpasar melakukan aksi longmarch dari parkir timur Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala menuju kantor KPU Kota Denpasar. Tidak hanya itu masa Relawan De Gadjah turut mengantarkan prosesi pendaftaran Parpol yang dipimpin Ketua DPC Partai Gerindra Made Muliawan Arya yang akrab disapa De Gadjah.

Sedangkan Partai Golkar menyerahkan berkas setelah Gerindra. Ketua DPD II Golkar Denpasar, I Wayan Mariyana Wandira yang turun langsung menyerahkan berkas. "Kita diiringi empat sekaa Baleganjur. Ini agar kita semakin semangat menyambut dan ikut dalam pemilu mendatang," kata Mandhira. Ketua KPU Denpasar, I Gede John Dharmawan mengatakan empat parpol yang serahkan berkas kemarin sudah sesuai dengan data Sipol dan semuanya memenuhi persyaratan dan dinyatakan lengkap. Golkar juga lakukan penyerahan berkas verifikasi serupa di KPU Gianyar, Karangasem dan Bangli secara serentak, kemarin. 

Di Gianyar, Ketua DPD II Golkar I Made Dauh Wijana menyatakan berkas KTA dan e-KTP yang diserahkan diterima oleh KPU. Ketua DPD II Golkar Bangli, I Wayan Gunawan dan Ketua DPD II Golkar Karangasem, I Made Sukerana juga turun langsung kawal berkas verifikasi ke KPU setempat. 

Terpisah, pergantian Ketua DPC Gerindra Gianyar dari I Made Artha Rimbawa kepada I Wayan Tagel Arjana, akhir September lalu tak pengaruhi proses pendaftaran Gerindra untuk Pemilu 2019 di KPU. “Tak memengauhi proses pendaftaran Gerindra ke KPU,” ujar Tagel. Pihaknya menargetkan Gerindra pada Pileg 2019, minimal tetap atau meraih lima kursi di DPRD Gianyar dan satu di DPRD Bali. *m, lsa, k16, e

Komentar