nusabali

PUPR Badung Bangun Trotoar di Jalan Kubu Anyar Kuta

  • www.nusabali.com-pupr-badung-bangun-trotoar-di-jalan-kubu-anyar-kuta

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung membangun trotoar sepanjang Jalan Kubu Anyar, Kelurahan Kuta, Kecamatan Kuta, Badung. 

MANGUPURA, NusaBali
Pembangunan trotoar itu dimaksudkan untuk kenyamanan pejalan kaki. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Badung Ida Bagus Surya Suamba , mengatakan pembangunan itu seiring dengan padatnya lalu lintas di Kuta. Menurutnya, Jalan Kubu Anyar yang memiliki akses langsung dari dan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai itu merupakan jalan alternatif yang digunakan oleh pengendara bila terjadi kemacetan di Jalan Raya Tuban dan Kartika Plaza. Karena kepadatan arus lalu lintas, area yang digunakan oleh pejalan kaki terutama anak sekolah kerap kali dilintasi kendaraan.

Namun menurut Ida Bagus Surya Suamba yang akrab disapa Gus Surya, pembangunan trotoar itu tak serta merta dapat menghilangkan kemacetan. Menurutnya pembangunan itu dilakukan guna memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki terutama bagi pelajar yang melintas di sepanjang Jalan Kubu Anyar. Menurutnya faktor pemicu kemacetan di Kuta sangat kompleks. Salah satunya masalah tempat parkir. 

“Kami belum menyediakan lahan pakir bagi pengendara yang kerap mangkal pada warung-warung yang ada di pinggir jalan. Sebenarnya bisa diupayakan dengan cara memperlebar trotoar, namun terkendala badan jalan yang sempit. Kalau trotoarnya diperlebar memakan bahu jalan, sama saja tak menghindari masalah,” ujar Gus Surya, Senin (17/7).

Namun pihaknya menempuh kebijakan untuk di pasar, trotoarnya diperlebar. “Khusus untuk di pasar yang berada di dekat simpang Dewi Sartika trotoarnya diperlebar. Nanti fungsinya selain untuk pejalan kaki juga untuk parkir bagi pengunjung pasar. Karena pasar itu merupakan akses bagi masyarakat banyak. Kami sangat mengharapkan agar pengusaha toko atau sejenis yang ada di sepanjang jalan itu untuk menyediakan tempat parkir,” imbuhnya.

Gus Surya mengaku pembangunan trotoar itu hanya dilakukan pada satu sisi jalan saja. Hal itu karena lebar badan jalan yang sempit. “Yang dibangun trotoar hanya pada sisi kanan jalan dari arah bandara saja. Karena kalau kedua sisinya dibangun trotoar, badan jalan akan menjadi lebih sempit. Nanti kalau kedua sisinya dibangun trotoar jalannya seperti gang,” kelakar Gus Surya.

Menurutnya pembangunan trotoar sepanjang Jalan Kubu Anyar itu ditargetkan selesai pada pertengahan Desember mendatang. “Mudah-mudahan dengan adanya jalan khusus pejalan kaki ini memberi kenyamanan bagi masyarakat setempat,” ucapnya. *cr64

Komentar