nusabali

Karangasem Raih Gelar KLA Tingkat Madya

  • www.nusabali.com-karangasem-raih-gelar-kla-tingkat-madya

AMLAPURA, NusaBali
Kementerian PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) RI menetapkan Kabupaten Karangasem sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya 2021.

Sedangkan Predikat Kabupaten Layak Anak Tingkat Pertama disandang pada tahun 2019 di Makasar. Penetapan gelar KLA Tingkat Madya 2021 dilakukan Kementerian PPPA secara virtual. 

Bupati I Gede Dana mengapresiasi prestasi Kabupaten Karangasem menyandang predikat KLA Tingkat Madya 2021. “Perlu ditingkatkan jadi KLA Tingkat Utama. Ada banyak hal yang perlu dibenahi dan dievaluasi,” jelas Bupati Gede Dana di ruang kerjanya, Jumat (30/7). Paling tidak mampu menekan terjadinya kasus kekerasan terhadap anak, sehingga masa depannya terselamatkan. Sementara Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama menyebutkan, Kementerian KPPA mengevaluasi sebanyak 246 kabupaten/kota se-Indonesia. Ada yang meraih KLA Tingkat Pertama, KLA Tingkat Madya, dan KLA Tingkat Utama.

Disebutkan ada kriterianya mendapatkan KLA Tingkat Madya, paling tidak memenuhi hak anak melalui 5 klaster. Kelima klaster itu yakni klaster sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster pendidikan dan kegiatan budaya, serta klaster perlindungan khusus anak. “Kriteria lainnya ada Perda mengatur hak anak, penyebaran informasi tentang hak-hak anak, banyaknya terbit akta kelahiran, mampu menekan kasus anak,” jelas I Gusti Bagus Putra Pertama yang juga Kadis Kesehatan.

Di samping itu, hak-hak anak perlu diperhatikan menyangkut anggaran untuk anak di APBD, tersedianya sumber daya manusia menangani anak, terbentuknya Forum Anak Daerah, dan dukungan lainnya. “Semua kriteria itu sudah jalan, ada portofolionya, sehingga saat diverifikasi memenuhi syarat menyandang kabupaten layak Anak Tingkat Madya 2021,” tambahnya. 7 k16 

Komentar